THAIFAH AL MANSHURAH (1)


الطائفة المنصورة : (أبو فهمي)
 مفهومهاوأصولها وصفاتها وطرقها ومنهجها
q وهي الجماعة أي أهل السّنة والجماعة أي أهل السّنة  أي أهل الجماعة أي أهل الأثر أي أهل الحديث أي الفرقة الناجية . الجماعة لها معنى العامة وهي الجماعة على التوحيد والمنهج، (2) ومعنى الخاصة وهي جماعة المسلمين لها سلطان.
q هي أَصْلُ أُصُوْلِ الْهِدَايَةِ : مَنْ كَانَ عَلَى مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِيْ
q وجوب الإتّباع إليهم لأنهم : (1) تزكية الله لهم (2) رضوانه عنهم جميعا (3) أنّهم الطائفة المنصورة المرضي عنها , رضي عنهم لعقيدتهم ومنهاجهم وأخلاقهم وأعمالهم , لا يرضى الله إلاّ عمن تشبه بهم واقتدى بفعالهم , وهذا هو معنى {اتبعوهم بإحسان}. أنظر سورة التوبة آية : 100
Thaifah al Manshurah : ushul-ushulnya, sifat-sifatnya, mafahim-nya, thariqah dan manhajnya
Yang dimaksud dengan jama`ah adalah : ahlus sunnah wal jama`ah, atau ahlus sunnah atau ahlul jama`ah, atau ahlul atsar atau ahlul hadits atau sering disebut sebagai al firqah an najiyah. Itulah sejumlah nama yang menjadi sinonim dari makna al Jama`ah. Jama`ah memiliki nama umum yaitu al jama`ah di atas Tauhid an Manhaj (berhimpun di atas tauhid dan manhaj), dan juga memiliki makna khusus, yaitu jama`atul muslimin yang terdapat padanya seorang sulthan (amir atau imam yang dibai`at). Jama`ah merupakan “ashlu ushulil hidayah (pokok pangkal hidayah): siapa saja yang berjalan di atas apa (manhaj) yang aku jalani dan para shahabatku.
Oleh karenanya, wajib atas kita untuk ittiba’ kepada mereka (para shahabat ridlwanillah ajma`in), karena sejumlah alasan : (1) Allah telah merekomendasi untuk mereka , (2) Allah ridlo atas mereka dan mereka ridlo kepada Nya, (3), mereka itu adalahn thaifah al manshurah yang Allah ridlo atasnya, Allah ridlo kepada mereka karena aqidah mereka, manhaj mereka, dan akhlak serta perbuatan mereka. Allah tidak ridlo kecuali dari orang yang menyerupai mereka dan mengikuti jejak amal-amal mereka. Dan inilah makna “ittabi`uuhum bi ihsan”. Perhatikan kembali surat at Taubah: 100, di atas.
.
 ليس الذين قالوا : مذهب السلف أسلم , ومذهبنا أعلم وأحكم , وليس الذين ابتدعوا طرقا للوصول للحكم , أو طرقا أخرى للحكم نفسه غير طريقتهم, وليس الذين أحدثوا آراء في الدين , لم يعرفها أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم , وليس الذين لا يلجون قضايا الأمة بغير معالجة أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم
Bukan seperti orang-orang yang berkata, “madzhab salaf itu aslam, dan madzahab kami a`lam dan ahkam, dan bukan pula nama bagi mereka yang melakukan kebid`ahan dalam thariqah untuk mencapai kekuasaan (pemerintahan) – mnghalalkan segala cara, termasuk demokrasi barat- , atau thariqah lain untuk menghukumi dirinya yang bukan dengan thariqah mereka (ahlus sunnah), dan bukan pula nama bagi orang-rang yang menciptakan bid`ah dalam pendapat-pendapat dalam agama, yang sama sekali tidak dikenal oleh para shahabat rasulillah Saw, dan juga bukan bagi orang-orang yang tidak mau menyandarkan urusan-urusan ummat dengan cara terapi para shahabat rasulillah Saw.
q زكّت المتبعين للصحابة , وأنهم من الناجين يوم القيامة , فإن هذه الآية (سورة النساء: 115) ذمّت المخالفين لسبيل الصحابة , حكمت عليهم بالضلال في الدنيا , والعذاب الأليم يوم القيامة . لا شكّ أن الآية لما نزلت لم يكن على سطح المعمور – يومئذ – غير الصحابة مؤمنون .. وبدهيّ
Allah merekomendasi orang-orang (generasi setelah shahabat RA) untuk mengikuti mereka, mereka itu termasuk golongan yang selamat pada hari kiamat, sesuai dengan tazkiyah Allah untuk shahabat pada surat at Taubah: 100. Sedang pada surat an Nisa’: 115, jelas Allah menunjukkan tercelanya orang-orang yang menyelisihi jalan (manhaj) shahabat, bahkan mereka dihukumi sebagai golongan yang sesat di dunia, dan patut mendapat adzab pedih pada hari kiamat. Ketika ayat tersebut turun, maka jelas bahwa yang dimaksud jalan orang-orang mukmin itu adalah para shahabat.  

q وقال شيخ الإسلام في تفسيره الآية : (إنّها تدلّ على وجوب اتّباع سبيل المؤمنين وتحريم اتبّاع سبيل غيرهم , ومن شاقّه – أي الرّسول – فقد اتّبع غيرسبيلهم , وهذا ظاهر , ومن اتبع غير سبيلهم , فقد شاقّه أيضا ...  فإذا قيل : هي أنّما ذمّته مع مشاقة الرسول , قلنا : لأنّهما متلازمان .. فالمخالف لهم – أي الصحابة – مخالف للرسول صلى الله عليه وسلم (الفتاوى 19: 193)
q من اتبّع سبيلهم هو من أصحاب السّبيل , ومن اتبّع غير سبيلهم وهو من أصحاب السّبل (أنظر سورة الأنعام: 153 وسورة يوسف : 108)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam menafsirkan ayat di atas, dia mengatakan, “bahwa ayat ini menunjukkan wajibnya ittiba’ kepada sabilul mukminin dan haram mengikuti jalan selain jalan mereka. Dan siapa yang menyempal (menentang) rasulullah maka ia mengikuti jalan selain mereka. Dan ini nyata, dan siapa yang mengikuti selain jalan mereka, maka ia telah menentang rasulullah juga. Antara mengikuti rasulullah dan jalan para shahabat tidak bisa dipisahkan, begitu pula siapa yang menentang jalan mereka juga menentang jalan rasulullah saw. (Majmu` Fatawa, 19: 193).
Maka siapa saja yang mengikuti jalan mereka maka dia itu adalah min “ash-habis sabiil”. Dan yang mengikuti selain jalan mereka, maka dia itu termasuk “ash-habis subul”. Perhatikan surat al An`am: 153. Dan surat Yusuf: 108.

q من أصحاب السّبل : الاستهزاء بمن اتبّعوهم بإحسان , القول بإباحة الطّرق .. أي طريقة كانت .. , التحزّب في الإسلام على طريقة الألمانيّين والشّيوعين في التنطيم والتخطيط والحركة , النظر إلى القول  لا النظر إلى قائله مع تفصيل معروف في كتب السنة , يقولون : نحن ملزمون بسبيلهم إلا سبيل للوصول إلى الحكم , وطريق الحكم نفسه , الذين تبررون الوسيلة , تقديم المصالح الخاصة أو العامة على النصوص , إباحة المحظورات وترك الواجبات , وهجر المسنونات بدعوى مصلحة الدعوة , الذين قالوا : جمّع جمّع ... دون علم ولا تربية ؟ والتحزبات وتكثير الأتباع من غير ضبط ولا أخلاق.  هم من اتبّعوا السبل ومنهجهم ليس منهج الصحابة. وليس من طرق رسوله صلى الله عليه وسلم.
Yang termasuk “ash habs subul” (pelaku kesesatan, yang tak mengikuti jalan para shahabat) : mereka yang memperolok-olok setiap orang yang mengikuti manhaj mereka dengan ihsan, yang mengatakan bahkan kita berhak mengikuti jalan (thariqah) apa saja, juga dalam tahazzub dalam Islam (berpartai-partai) boleh di atas thariqah sekularisme, komunisme dalam tanzhim dan harakah ……. Boleh dengan wadah apa saja (termasuk demokrasi, sosialisme, zionisme, dll). Para penentang manhaj shahabat itu : menghalalkan segala cara, mendahulukan maslahat khusus atau umum daripada nash-nash yang jelas, membolehkan melakukan yang dilarang dna meninggalkan kewajiban, menjauhi yang disunnahkan dengan klaim “demi mashlahat dakwah”. Mereka yang berkata, “berhimp8in, berhimpunlah, mari berjama`ah, walau tanpa ilmu dan tarbiyah yang memadahi, dan berpartai-partai serta memperbvanyak pengikut (kader-kader) tanpa standarisasi dan akhlak. Mereka itulah yang mengikuti “as subul” (adl dlalalat), manhaj mereka bukan manhaj shahabat, dan thariqah mereka bukan dari thariqah rasulullah Saw.
q الطرق : كل طريقة يسلكها العابد للوصول إلى غايته , كطرق الدعوة , وطرق الوصول للحكم , وطرق التغيير , وطرق الحكم نفسه. ومنها : الهجرة والبيعة والاختيار والجهاد والخلافة والشورى.
ATH THURUQ adalah setiap thariqah (jalan, metode) yang ditempuh oleh seorang hamba untuk sampainya kepada tujuan yang diinginkannya. Seperti jalan dakwah, jalan sampainya pada kekuasaan, jalan melakukan perubahan, dan termasuk di dalamnya : hijrah, bai`ah, memilih Imam dan jihad, khilafah dan syura (musyawarah).
Dans etiap thariqah di dalam agama, yang tidak termasuk thariqah kami (thariqah Rasulillah saw) maka ia termasuk thariqah yang bukan syari`ah (tidak syar`iy), dan setiap thariqah yang tidak syar`iyyah adalah mubtadi`ah. Ini jelas sebagaimana tersebut dalam sufrat Yusuf: 108. Ayat ini sebagai dalil wajibnya kita iltizam kepada thariqah Nabi Saw dalam segala hal. Dalam ayat ini ada ancaman berat dan adzab yang menyakitkan, bagi setiap orang yang mengikuti selain thariqah rasulillah Saw dan shahabat.
q وأن كلّ طريقة في الدّين من طرق غيرنا هي طريقة غير مشروعة , وكلّ طريقة مشروعة فهي طريقة مبتدعة . وهذا يبّن في قوله تعالى :{قل هذه سبيلي أدعو إلى الله على بصيرة أنا ومن اتّبعني ..} يوسف: 108. فيفها دليل على وجوب التزام طريقة النبي صلى الله عليه وسلم في كلّ شيء , ومالم يكن من طريقته صلى الله عليه وسلم فليس فيه بصيرة , وما ليس فيه بصيرة , فهو عماية وضلالة . أنطر سورة النساء : 115. في هذه الآية : تحذير شديد , ووعيد أليم , لمن اتّبع غير طريق الرسول صلى الله عليه وسلم والصحابة. {هذا سبيل الله مستقيما} و {هذه السّبل ليس منها سبيل إلاّ عليه شيطان يدعوا إليه , ثم قرأ هذه الآية .
q السبل = الضلالات (قال ابن عباس) , أن من خرج عن الصراط المستقيم فإلى النار (ابن مسعود) , السبل = البدع والشّبهات (قال مجاهد) , السّبل = طرق اليهود والنصارى وغيرهم (تفسير ابن جرير) . والصواب أن لفظة {السّبل} أعمّ من حصرها في بدعة أو طريق , بل هي عامّة في كل سبيل غير سبيل الإسلام والسنة , من سبل اليهود والنصارى والعلمانيّين والشعبيّين واآرائيّين والمبتدعين , وغير ذلك من طرق مَنْ فارق طريق الإسلام , وطريق أصحاب رسول الأنام , عليه وعليهم الصلاة والسلام, وكذلك تعمّ كلّ من خالفهم , وخالف من تبعهم , سواء كان تلك المخالفة , برسم أو إسم , او برأي وحكم.
q ألزم الله أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم كلمة التوحيد : شهادة أن لا إله إلا الله , وكانوا أجدر الناس بها , وأهلا لذلك الحمل , ولم يكونوا كبني إسرائيل .. (كمثل الحمار يحمل أصفارا) , (وقالوا سمعنا وعصينا) بل إنهم قالوا: {سمعنا وأطعنا}  . أنظر سورة الفتح : 26.


0 komentar:

Mari berdiskusi...

--------------------------------------------------------------------

Awali dengan bismillah sebelum memberi komentar...

--------------------------------------------------------------------