HARI KE-6, SABTU, 6 RAMADLON 1437 H
Oleh ust Abu Fahmi Ahmad


(Kesembilan) Taubat Nasuha Dapat mengganti perbuatan uamg buruk dengan yang baik


Allah berfirman:
قال اللَّه U: ﴿إِلَّا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ عَمَلًا صَالِحًا فَأُولَئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
70. kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; Maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. QS Al Furqan: 70.

﴿إِلا مَنْ تَابَ﴾ عن هذه المعاصي [الشرك باللَّه، والزنا، وقتل النفس بغير حقٍّ] وغيرها بأن أقلع عنها في الحال، وندم على ما مضى له من فعلها، وعزم عزماً جازماً أن لا يعود، ﴿وَآمَنَ﴾ باللَّه إيماناً صحيحاً يقتضي ترك المعاصي، وفعل الطاعات ﴿وَعَمِلَ عَمَلا صَالِحًا﴾ مما أمر به الشارع إذا قصد به وجه اللَّه.
﴿إِلا مَنْ تَابَ , kecuali orang-orang yang bertaubat, dari kemaksiatan ini (menyukukan Allah, zina, dan membunuh manusia tanpa haq) dan selainnya , dengan cara meninggalkannya sama sekali saat itu juga, menyesali perbuatannya yg telah berlalu, dan bertekad dengan sungguh-sungguh untuk tdk akan mengulangi kembali. :dan beriman” kpd Allah dgn iman yg benar dan menuntut untuk meninggalkan segala maksiat dan mengerjakan berbagai ketaatan, “dan mengerjakan amal shali8h” dan amal yg diperintahkan oleh oleh asy Syaari`(Allah dan Rasul Nya) bila diiatkan mengharap ridlo Allah.

﴿فَأُولَئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ﴾ أي: تتبدّل أفعالهم وأقوالهم التي كانت مستعدة لعمل السيئات تتبدل حسنات، فيتبدل شركهم إيماناً، ومعصيتهم طاعة، وتتبدل نفس السيئات التي عملوها، ثم أحدثوا عن كل ذنب منها توبة وإنابة وطاعة تبدل حسنات كما هو ظاهر الآية. وورد في ذلك حديث الرجل الذي حاسبه اللَّه ببعض ذنوبه، فعدّدها عليه، ثم أبدل مكان كل سيئة حسنة، فقال: «يا رب إن لي سيئات لا أراها هاهنا» والله أعلم.
“Maka mereka itu, kejahatan meereka itu diganti Allah dengan kebajikan:, maksudnya segala perbuatan dan perkataan mereka yg disiapkan untuk amal keburukan akan diganti, yaitu dengan kebajikan-kebajiakn. Maka syirik mereka berubah menjadi iman, kemaksiatan mereka diganti menjadi ketaatan, dan kejahatan-kejahatan yg sama yg pernah mereka lakukan diganti, kemudian ditumbuhkan bagi mereka satu taubat, inabat dan ketaatan untuk sertiap dosa dari dosa-dosa tersebut…. Yaitu diganti dengan kebajikan-kebajikan, sebagaimana tampak dari zhahirnya ayat.

Dalam hal ini ada sebuah hadits tentang seorang lelaki yg dihisab oleh Allah karena sebagian dosa-dosanya, lalu dihitung di hadapannya, kemudian Allah mengganti untuk setiap dosa denagn satu kebajikan. Lalu orang itu berkata “Ya Rabbi, sesungguhnya aku mempunyai beberapa dosa lagi yang tidak aku lihat disini/ Allah a`lam.

﴿وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا﴾ لمن تاب يغفر الذنوب العظيمة ﴿رَحِيمًا﴾ بعباده؛ حيث دعاهم إلى التوبة بعد مبارزته بالعظائم، ثم وفقهم لها ثم قبلها منهم».انظر: تيسير الكريم الرحمن، ص 687.
Dan Allah Mahapengampun, terhadap siapa saja yang mau bertaubat, Dia selalu mengampuni dosa besar, lagi Mahapenyayang, kepada hamba hamba Nya, dimana Dia mengajak mereka untuk bertaubat setelah sebelumnya mereka menentang Nya, dengan dosa-dosa besar, lalau member mereka taufik untuk bertaubat, kemudian menerima taubat mereka..  (Taisirul Karimir Rahman, hal 687)

أخرج الإمام أحمد في المسند، 35 / 313، برقم 21393: «عَنْ أَبِي ذَرٍّ t، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ r: «يُؤْتَى بِالرَّجُلِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، فَيُقَالُ: اعْرِضُوا عَلَيْهِ صِغَارَ ذُنُوبِهِ. قَالَ: فَتُعْرَضُ عَلَيْهِ وَيُخَبَّأُ عَنْهُ كِبَارُهَا، فَيُقَالُ: عَمِلْتَ يَوْمَ كَذَا وَكَذَا كَذَا وَكَذَا، وَهُوَ مُقِرٌّ لَا يُنْكِرُ، وَهُوَ مُشْفِقٌ مِنَ الْكِبَارِ، فَيُقَالُ: أَعْطُوهُ مَكَانَ كُلِّ سَيِّئَةٍ عَمِلَهَا حَسَنَةً»، قَالَ: «فَيَقُولُ: إِنَّ لِي ذُنُوبًا مَا أَرَاهَا». قَالَ: قَالَ أَبُو ذَرٍّ: فَلَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ r ضَحِكَ حَتَّى بَدَتْ نَوَاجِذُهُ». وبنحوه في البحر الزخار للبزار، 9/ 397، برقم 3987، والشمائل المحمدية للترمذي، برقم 227، وابن أبي شيبة، 6/ 161، برقم 30335، وصححه الألباني في سلسلة الأحاديث الصحيحة، برقم 3052، ومختصر الشمائل، برقم 195.
------------

قال اللَّه U: ﴿يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَى رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ نُورُهُمْ يَسْعَى بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ﴾.
8. Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Rabb Kami, sempurnakanlah bagi Kami cahaya Kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu." QS at Tagrim : 8

«قد أمر اللَّه بالتوبة النصوح في هذه الآية، ووعد عليها بتكفير السيئات، ودخول الجنات، والفوز والفلاح، حين يسعى المؤمنون يوم القيامة بنور إيمانهم، ويمشون بضيائه، ويتمتعون بروحه وراحته، ويشفقون إذا طفئت الأنوار، التي تعطى المنافقين، ويسألون اللَّه أن يتمم لهم نورهم، فيستجيب اللَّه دعوتهم، ويوصلهم بما معهم من النور واليقين، إلى جنات النعيم، وجوار الربّ الكريم، وكل هذا من آثار التوبة النصوح.
والمراد بها: التوبة العامة الشاملة للذنوب كلها، التي عقدها العبد للَّه، لا يريد بها إلا وجهه، والقرب منه، ويستمر عليها في جميع أحواله».([1]) تيسير الكريم الرحمن، ص 1030- 1031.

Dalam ayat ini, Sungguh Allah Ta`ala telah memerintahkan kpd orang mukmin utuk bertaubat dengan taubat nasuhah, Dia juga menjanjikan adanya penghapusan dosa dan memasukkannya ke Surga, mendapatkan kesuksesan dan kemenangan pada sat orang-roang yang beriman berjalan dengan cahaya keimamnan [ada hari Kiamat. Mereka menikmati rezeki dan kenikmatan. Mereka berbelas kasih pada orang-orang munafik ketika chaya mereka dipagamkan. Orang mukmin meminta agar cahaya mereka disempurnakan. Allah pun mengabulkan permohonan mereka dan Allah mengantarkan menuju surge penuh kenikmatan dan berada di deklat Rabb Yang Mahamulia. Ini smeua adalah buah dari taubat yang sunguh-sungguh (nasuha).Dan yg dimaksudkan adalah taubat secara umum, meliputi suluruh dosa yang dilakukan oleh hama Allah yg hanya dilakukan semata-mata mengjharapperjumpaan nya dengan Allah serta berada dekat dengannya. Taubat terus menerus dilakukan di seluruh ikhwalnya. Tafsir as Sa`di rahimahullah, Taisirul Kariimir Rahman Fi Tafsir Kalamil Mannan, hal 1930-1031)





0 komentar:

Mari berdiskusi...

--------------------------------------------------------------------

Awali dengan bismillah sebelum memberi komentar...

--------------------------------------------------------------------