BAGAIMANA MUSLIM
MEMAHAMI DUNIA DAN AKHIRAT
oleh Abu Fahmi Ahmad
فقه
الدنيا والآخرة
DUNIA yang telah Allah berikan kepada kita, bukan sekedar
untuk memenuhi kebutuhan “syahwat dan kelezatannya”. Namun Dia menuntut kepada
kita untuk berbuat sesuatu yang manfaat disisi Allah, yaitu dengan melakukan
aktifitas nyata yang memenuhi takaran “IHSAN dan SEDEKAH”. Boleh saja
manusia bersenang-senang dengan “Dunianya” (harta dan sejenisnya), namu jangan
menistakan agamanya dan memadaratkan (kehidupan) akhiratnya kelak. Saata kita
di dunia boleh boleh saja, seseorangmengatakan terhadap barang-barangnya yang
ia kuasai, “ini milikku”, “ini hartaku” dan sebagainya. Namunkita mesti
mengetahui bahwa Allah itu bukan sekedar sebagai Penguasa/Pemilik alam semesta,
namun juga Penguasa/Pemilik di hari ad dien (hari kiamat), Bahkan di akhirat itu
tak ada kekuasaan bagi manusia untuk bertutur kata semaunya sendiri, harus ada
izin Allah SWT, sebagaimana firman Nya:
“Pada hari ketika ruh dan para malaikat berdiri bershaf-shaf,
mereka tidak berkata-kata, kecuali siapa yang telah mendapat idzin dari
Nya-Allah yang Maha Pengasih, dan dia hanya mengatakan yang benar “ (an Naba` ayat 38)
Kita harus ingat, bahwa menegakkan dien Allah dimuka bumi (Iqamah
Dienillah fil ardli), dapat mewujudkan AL FALAH (kebahagiaan,
kemenangan, kesuksesan, keberuntungan) di dunia maupun di akhirat, tidak pantas
kita memilahkan antara dunia dan dien, dan juga antara dunia dan akhirat. Ini
merupakan MANHAJ WAHID untuk dunia dan akhirat.
Simak firman Allah QS 5: 65-66
الله تبارك وتعالى إذا أعطى عبده من الدنيا فينبغي أن يبتغي بها ما عند
الله بالإحسان والصدقات، ولا يقتصر على مجرد نيل الشهوات واللذات، ولا ينسى نصيبه
من الدنيا، بل ينفق لآخرته، ويستمتع بدنياه استمتاعاً لا يثلم دينه، ولا يضر
بآخرته
وإقامة دين الله في
الأرض يحقق الفلاح في الدنيا والآخرة على السواء، لا افتراق بين دين ودنيا.. ولا
افتراق بين دنيا وآخرة.. فهو منهج واحد للدنيا والآخرة.. للدين والدنيا.. كما قال
سبحانه: [المائدة: 65-66].
وقال سبحانه: [الأعراف:
96].
IMAN & TAQWA tidak saja menjamin
pemiliknya balasan akhirat berupa pahala Surga yang indah, namun juga menjamin
Kebaikan urusan Dunia (Shalah Amrid dunya), dan bahkan dapat
mewujudkan bagi pemiliknya balasan segera (al `ajilah di dunia),
kekayaan, pertumbuhan dan kecukupan.
Islam hanya mengenal SATU JALAN baik
dalam mencapai balasan kebaikan akhirat maupun balasan kebaikan di djunia, yang
dengan SATU JALAN itu pula akan menjadi baik dunia dan akhirat
فالإيمان والتقوى كما يكفل لأصحابه جزاء الآخرة بثواب الجنة الحسن، كذلك
يكفل صلاح أمر الدنيا، ويحقق لأصحابه جزاء العاجلة وَفْرة ونماء وكفاية.
فليس هناك طريق
مستقل لحسن الجزاء في الآخرة، وطريق آخر مستقل لصلاح الحياة في الدنيا، إنما هو
طريق واحد تصلح به الدنيا والآخرة.
Apabila ummat menjauhkan jalan ini,
maka terjadilah kerusakan di dunia dan kerugian di akhirat. Jalan tersebut
adalah iman dan taqwa yang indikasinya terwujudnya manhaj ilahi pada diri dan
dalam kehidupan dunia, yang dengan demikian akan menjadi baiklah kehidupan
duniawi dan ukhrawinya.
Manhaj imani untuk kehidupan tidaklah menjadikan agama sebagai pengganti dunia,
dan tidak menjadikan kebahagiaan akhirat sebagai pengganti kebahagian dunia,
dan tidak pula menjadi jalan akhirat
bukan sebagai jalan dunia. Sementara banyak kalangan percaya bahwa kedua jalan
tersebut tidak bisa dipertemukan, sehingga mereka memisahkan antara keduanya.
Sehingga jika ingin dunia maka abaikanlah akhirat, dan sebaliknya. Menurut
mereka tak ada jalan untuk menyatukan keduanya.
فإذا تنكبت الأمة هذا الطريق فسدت الدنيا، وخسرت الآخرة.
وهذا الطريق هو الإيمان والتقوى التي علامتها تحقيق المنهج الإلهي في
النفس وفي الحياة الدنيا، وبذلك تصلح الحياة الدنيوية والحياة الأخروية.
إن المنهج الإيماني للحياة لا يجعل الدين بديلاً عن الدنيا، ولا يجعل
سعادة الآخرة بديلاً عن سعادة الدنيا.. ولا يجعل طريق الآخرة غير طريق الدنيا.
لقد افترق طريق الدنيا وطريق الآخرة في تفكير كثير من الناس، بحيث
اعتقدوا أنه لا سبيل للالتقاء بين الطريقين، فعلى الإنسان إما أن يختار طريق
الدنيا فيهمل الآخرة من حسابه، وإما أن يختار طريق الآخرة فيهمل الدنيا من حسابه،
ولا سبيل للجمع بينهما في تصور ولا واقع.
Dalam kehidupan islam yang diatur syariat, justru ashl-nya adalah mempertemukan kehidupan dunia dan akhirat,
dan jalan menuju kebaikan akhirat adalah jalan menuju baiknya dunia. Qs an
nahl: 97. produk dan pertumbuhan serta kekayaan dalam aktitas dunia, justru itu merupakan skill
untuk mendulang pahala akhirat, sebagaimana keahlian untuk memperoleh kelapangan kehidupan dunia. Iman, taqwa dan amal
shalih merupakan faktor penyebab
kemakmuran bumi ini, sebagaimana ia merupakan media memperoleh keridloaan Allah
dan pahalanya di akhirat, hal ini apabila sempurna dalam mewujudkan manhaj
allah di bumi.
فالأصل في الحياة الإسلامية التي جاء بها الشرع أن يلتقي فيها طريق
الدنيا وطريق الآخرة، وأن يكون الطريق إلى صلاح الآخرة هو ذاته الطريق إلى صلاح
الدنيا كما قال سبحانه: [النحل: 97].
وأن يكون الإنتاج والنماء والوفرة في عمل الأرض هو ذاته المؤهل لنيل ثواب
الآخرة، كما أنه المؤهل لرخاء هذه الحياة الدنيا.
وأن يكون الإيمان
والتقوى والعمل الصالح هي أسباب عمران هذه الأرض، كما أنها هي وسائل الحصول على
رضوان الله وثوابه الأخروي، ويكون ذلك إذا تم تحقيق منهج الله في الأرض.
فهذا المنهج وحده هو الذي يجعل العمل حسب أمر الله عبادة، وهو الذي يجعل
الخلافة في الأرض وفق شريعة الله فريضة.
والخلافة عمل
وإنتاج، يتم بها تنفيذ أوامر الله في إصلاح الدنيا والآخرة، ويعتبر قيام الإنسان
بهذه الوظيفة وفق منهج وشريعته طاعة ينال العبد عليها ثواب الآخرة، ويظفر بخيرات
الأرض التي سخرها له ربه.
Manhaj satu-satunya inilah yang
menjadikan amal yg sesuai perintah
allah, sebagai bentuk ibadah, dan ia pula yang menjadikan khilafah di muka bumi
sejalan dengan syariat allah itu sebagai fardlu (kewajiban).
Khilafah itu adalah amal dan produk, menyempurnakan pelaksanaan
perintah-perintah allah dalam perbaikan dunia dan akhirat.
Upaya manusia menegakkan tugas ini sesuai
dengan syariatnya merupakan bentuk ketaatan yang mana seorang hamba dapat menggapai pahala
akhirat, dan tentu akan menggapai pula kebaikan-kebaikan bumi yang memang allah (rabbuna) tundukkan untuk hamba-nya.
فهذا المنهج وحده
هو الذي يجعل العمل حسب أمر الله عبادة، وهو الذي يجعل الخلافة في الأرض وفق شريعة
الله فريضة. والخلافة عمل وإنتاج، يتم بها تنفيذ أوامر
الله في إصلاح الدنيا والآخرة، ويعتبر قيام الإنسان بهذه الوظيفة وفق منهج وشريعته
طاعة ينال العبد عليها ثواب الآخرة، ويظفر بخيرات الأرض التي سخرها له ربه.
0 komentar:
Mari berdiskusi...
--------------------------------------------------------------------
Awali dengan bismillah sebelum memberi komentar...
--------------------------------------------------------------------