BAGAIMANA MUSLIM MEMAHAMI DUNIA DAN AKHIRAT
oleh Abu Fahmi Ahmad
فقه الدنيا والآخرة
DUNIA yang telah Allah berikan kepada kita, bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan “syahwat dan kelezatannya”. Namun Dia menuntut kepada kita untuk berbuat sesuatu yang manfaat disisi Allah, yaitu dengan melakukan aktifitas nyata yang memenuhi takaran “IHSAN dan SEDEKAH”. Boleh saja manusia bersenang-senang dengan “Dunianya” (harta dan sejenisnya), namu jangan menistakan agamanya dan memadaratkan (kehidupan) akhiratnya kelak. Saata kita di dunia boleh boleh saja, seseorangmengatakan terhadap barang-barangnya yang ia kuasai, “ini milikku”, “ini hartaku” dan sebagainya. Namunkita mesti mengetahui bahwa Allah itu bukan sekedar sebagai Penguasa/Pemilik alam semesta, namun juga Penguasa/Pemilik di hari ad dien (hari kiamat), Bahkan di akhirat itu tak ada kekuasaan bagi manusia untuk bertutur kata semaunya sendiri, harus ada izin Allah SWT, sebagaimana firman Nya:
“Pada hari ketika ruh dan para malaikat berdiri bershaf-shaf, mereka tidak berkata-kata, kecuali siapa yang telah mendapat idzin dari Nya-Allah yang Maha Pengasih, dan dia hanya mengatakan yang benar “ (an Naba` ayat 38)
Kita  harus ingat, bahwa menegakkan dien Allah dimuka bumi (Iqamah Dienillah fil ardli), dapat mewujudkan AL FALAH (kebahagiaan, kemenangan, kesuksesan, keberuntungan) di dunia maupun di akhirat, tidak pantas kita memilahkan antara dunia dan dien, dan juga antara dunia dan akhirat. Ini merupakan MANHAJ WAHID untuk dunia dan akhirat.
Simak firman Allah QS 5: 65-66
الله تبارك وتعالى إذا أعطى عبده من الدنيا فينبغي أن يبتغي بها ما عند الله بالإحسان والصدقات، ولا يقتصر على مجرد نيل الشهوات واللذات، ولا ينسى نصيبه من الدنيا، بل ينفق لآخرته، ويستمتع بدنياه استمتاعاً لا يثلم دينه، ولا يضر بآخرته
وإقامة دين الله في الأرض يحقق الفلاح في الدنيا والآخرة على السواء، لا افتراق بين دين ودنيا.. ولا افتراق بين دنيا وآخرة.. فهو منهج واحد للدنيا والآخرة.. للدين والدنيا.. كما قال سبحانه:  [المائدة: 65-66].
وقال سبحانه: [الأعراف: 96].
IMAN & TAQWA tidak saja menjamin pemiliknya balasan akhirat berupa pahala Surga yang indah, namun juga menjamin Kebaikan urusan Dunia (Shalah Amrid dunya), dan bahkan dapat mewujudkan bagi pemiliknya balasan segera (al `ajilah di dunia), kekayaan, pertumbuhan dan kecukupan.
Islam hanya mengenal SATU JALAN baik dalam mencapai balasan kebaikan akhirat maupun balasan kebaikan di djunia, yang dengan SATU JALAN itu pula akan menjadi baik dunia dan akhirat
فالإيمان والتقوى كما يكفل لأصحابه جزاء الآخرة بثواب الجنة الحسن، كذلك يكفل صلاح أمر الدنيا، ويحقق لأصحابه جزاء العاجلة وَفْرة ونماء وكفاية.
فليس هناك طريق مستقل لحسن الجزاء في الآخرة، وطريق آخر مستقل لصلاح الحياة في الدنيا، إنما هو طريق واحد تصلح به الدنيا والآخرة.
Apabila ummat menjauhkan jalan ini, maka terjadilah kerusakan di dunia dan kerugian di akhirat. Jalan tersebut adalah iman dan taqwa yang indikasinya terwujudnya manhaj ilahi pada diri dan dalam kehidupan dunia, yang dengan demikian akan menjadi baiklah kehidupan duniawi dan ukhrawinya.
Manhaj imani untuk kehidupan tidaklah menjadikan agama sebagai pengganti dunia, dan tidak menjadikan kebahagiaan akhirat sebagai pengganti kebahagian dunia, dan tidak pula menjadi  jalan akhirat bukan sebagai jalan dunia. Sementara banyak kalangan percaya bahwa kedua jalan tersebut tidak bisa dipertemukan, sehingga mereka memisahkan antara keduanya. Sehingga jika ingin dunia maka abaikanlah akhirat, dan sebaliknya. Menurut mereka tak ada jalan untuk menyatukan keduanya.
فإذا تنكبت الأمة هذا الطريق فسدت الدنيا، وخسرت الآخرة.
وهذا الطريق هو الإيمان والتقوى التي علامتها تحقيق المنهج الإلهي في النفس وفي الحياة الدنيا، وبذلك تصلح الحياة الدنيوية والحياة الأخروية.
إن المنهج الإيماني للحياة لا يجعل الدين بديلاً عن الدنيا، ولا يجعل سعادة الآخرة بديلاً عن سعادة الدنيا.. ولا يجعل طريق الآخرة غير طريق الدنيا.
لقد افترق طريق الدنيا وطريق الآخرة في تفكير كثير من الناس، بحيث اعتقدوا أنه لا سبيل للالتقاء بين الطريقين، فعلى الإنسان إما أن يختار طريق الدنيا فيهمل الآخرة من حسابه، وإما أن يختار طريق الآخرة فيهمل الدنيا من حسابه، ولا سبيل للجمع بينهما في تصور ولا واقع.
Dalam kehidupan islam yang  diatur syariat, justru ashl-nya adalah  mempertemukan kehidupan dunia dan akhirat, dan jalan menuju kebaikan akhirat adalah jalan menuju baiknya dunia. Qs an nahl: 97. produk dan pertumbuhan serta kekayaan dalam aktitas  dunia, justru itu merupakan  skill  untuk mendulang pahala akhirat, sebagaimana  keahlian untuk memperoleh kelapangan  kehidupan dunia. Iman, taqwa dan amal shalih  merupakan faktor penyebab kemakmuran bumi ini, sebagaimana ia merupakan media memperoleh keridloaan Allah dan pahalanya di akhirat, hal ini apabila sempurna dalam mewujudkan manhaj allah di bumi.
فالأصل في الحياة الإسلامية التي جاء بها الشرع أن يلتقي فيها طريق الدنيا وطريق الآخرة، وأن يكون الطريق إلى صلاح الآخرة هو ذاته الطريق إلى صلاح الدنيا كما قال سبحانه: [النحل: 97].
وأن يكون الإنتاج والنماء والوفرة في عمل الأرض هو ذاته المؤهل لنيل ثواب الآخرة، كما أنه المؤهل لرخاء هذه الحياة الدنيا.  وأن يكون الإيمان والتقوى والعمل الصالح هي أسباب عمران هذه الأرض، كما أنها هي وسائل الحصول على رضوان الله وثوابه الأخروي، ويكون ذلك إذا تم تحقيق منهج الله في الأرض.
فهذا المنهج وحده هو الذي يجعل العمل حسب أمر الله عبادة، وهو الذي يجعل الخلافة في الأرض وفق شريعة الله فريضة.  والخلافة عمل وإنتاج، يتم بها تنفيذ أوامر الله في إصلاح الدنيا والآخرة، ويعتبر قيام الإنسان بهذه الوظيفة وفق منهج وشريعته طاعة ينال العبد عليها ثواب الآخرة، ويظفر بخيرات الأرض التي سخرها له ربه.
Manhaj satu-satunya inilah yang menjadikan amal  yg sesuai perintah allah, sebagai bentuk ibadah, dan ia pula yang menjadikan khilafah di muka bumi sejalan dengan syariat allah itu sebagai fardlu (kewajiban).
Khilafah itu adalah amal dan produk, menyempurnakan pelaksanaan perintah-perintah allah dalam perbaikan dunia dan akhirat.
Upaya manusia menegakkan tugas ini  sesuai dengan syariatnya merupakan bentuk ketaatan yang  mana seorang hamba dapat menggapai pahala akhirat, dan tentu akan menggapai pula kebaikan-kebaikan bumi yang  memang allah (rabbuna)  tundukkan untuk hamba-nya.
فهذا المنهج وحده هو الذي يجعل العمل حسب أمر الله عبادة، وهو الذي يجعل الخلافة في الأرض وفق شريعة الله فريضة. والخلافة عمل وإنتاج، يتم بها تنفيذ أوامر الله في إصلاح الدنيا والآخرة، ويعتبر قيام الإنسان بهذه الوظيفة وفق منهج وشريعته طاعة ينال العبد عليها ثواب الآخرة، ويظفر بخيرات الأرض التي سخرها له ربه.




0 komentar:

Mari berdiskusi...

--------------------------------------------------------------------

Awali dengan bismillah sebelum memberi komentar...

--------------------------------------------------------------------