Keutamaan Mengajarkan Ilmu



KEUTAMAAN MENGAJARKAN ILMU DAN MENYERU KEPADA KEBAIKAN
KEPADA ORANG LAIN
….توضيح الأحكام 6 / 273، صحيح الترغيب 1 / 49، غذاء الألباب 1 / 47.

قال الله تعالى: سورة الجمعة، آية: 2.  سورة آل عمران، آية: 110.
Allah Ta’ala mengabarkan tugas Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dalam firman-Nya:
هُوَ ٱلَّذِي بَعَثَ فِي ٱلۡأُمِّيِّ‍ۧنَ رَسُولٗا مِّنۡهُمۡ يَتۡلُواْ عَلَيۡهِمۡ ءَايَٰتِهِۦ وَيُزَكِّيهِمۡ وَيُعَلِّمُهُمُ ٱلۡكِتَٰبَ وَٱلۡحِكۡمَةَ وَإِن كَانُواْ مِن قَبۡلُ لَفِي ضَلَٰلٖ مُّبِينٖ ٢
“Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” (QS. Al-Jumu’ah: 2)

Allah Ta’ala juga menegaskan suatu umat jika mereka beramar makruf dan nahi munkar dalam firman-Nya:
كُنتُمۡ خَيۡرَ أُمَّةٍ أُخۡرِجَتۡ لِلنَّاسِ تَأۡمُرُونَ بِٱلۡمَعۡرُوفِ وَتَنۡهَوۡنَ عَنِ ٱلۡمُنكَرِ وَتُؤۡمِنُونَ بِٱللَّهِۗ وَلَوۡ ءَامَنَ أَهۡلُ ٱلۡكِتَٰبِ لَكَانَ خَيۡرٗا لَّهُمۚ مِّنۡهُمُ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ وَأَكۡثَرُهُمُ ٱلۡفَٰسِقُونَ ١١٠
“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma´ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (QS. Ali-Imran: 110)

عن أبي مسعود عقبة بن عامر الأنصاري t قال: قال رسول الله r { من دل على خير فله مثل أجر فاعله }أخرجه مسلم  . ([1]) مسلم الإمارة (1893) ، الترمذي العلم (2671) ، أبو داود الأدب (5129) ، أحمد (4/120) . ([1]) م 1893.
Diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud; Uqbah bin Amir Al-Anshari Radhiyallahu Anhu yang berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:
مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
"Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang mengerjakannya." (HR. Muslim) [1] Muslim, Al-Imarah. 1893; At-Tirmidzi, Al-Ilmu, 2671; Abu Dawud, Al-Adab, 5129; Ahmad, 4/120.

عن أبي هريرة t أن رسول الله r قال: { من دعا إلى هدى كان له من الأجر مثل أجور من تبعه لا ينقص ذلك من أجورهم شيئا، ومن دعا إلى ضلالة كان عليه من الإثم مثل آثام من تبعه لا ينقص ذلك من آثامهم شيئا }أخرجه مسلم  . ([1]) مسلم العلم (2674) ، الترمذي العلم (2674) ، أبو داود السنة (4609) ، أحمد (2/397) ، الدارمي المقدمة (513) .
([1]) م 2674، جه 194
Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu juga meriwayatkan bahwa sannya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:
مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلاَلَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنَ الإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا
“Barangsiapa yang menyeru kepada sebuah petunjuk maka baginya pahal seperti pahala-pahala orang-orang yang mengikutinya, hal tersebut tidak mengurangi akan pahala-pahala mereka sedikitpun dan barangsiapa yang menyeru kepada sebuah kesesatan maka atasnya dosa  seperti dosa-dosa yang mengikutinya, hal tersebut tidak mengurangi dari dosa-dosa mereka sedikitpun.” (HR. Muslim) Muslim, Al-Ilmu, 2647; At-Tirmidzi, Al-Ilmu, 2674; Abu Dawud, As-Sunnah, 4609; Ahmad, 2/397; Ad-Darimi, Al-Muqaddimah, 513.

وعن أبي أمامة الباهلي t قال: قال رسول الله r { إن الله وملائكته وأهل السماوات والأرض حتى النملة في جحرها ليصلون على معلمي الناس الخير }  أخرجه الترمذي وقال حسن صحيح. ([1]) الترمذي العلم (2685) ، الدارمي المقدمة (289) .
([1]) ت 2685، وصححه الألباني في صحيح الترغيب 1 / 36 وصحيح الجامع 1883.

Abu Umamah Al-Bahiliy Radhiyallahu Anhu juga meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:
إِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ وَأَهْلَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ، حَتَّى النَّمْلَةَ فِى جُحْرِهَا وَحَتَّى الْحُوتَ، لَيُصَلُّونَ عَلَى مُعَلِّمِ النَّاسِ الْخَيْرَ
“Sesungguhnya Allah dan para Malaikat, serta semua makhluk di langit dan di bumi, sampai semut dalam lubangnya dan ikan (di lautan), benar-benar bershalawat/mendoakan kebaikan bagi orang yang mengajarkan kebaikan (ilmu agama) kepada manusia”(HR. At-Tirmidzi dan ia berkata, Hasan Shahih) At-Tirmidzi, 2685; Al-Albani menshahihkan di dalam Shahihut Targhib, 1/36; Sahihul Jami’, 1883.

ومعنى يُصلون عليه: أي يدعون ويستغفرون له.
Makna ‘yushallunaalaihi’ ialah mendoaka dan memintakan ampunan baginya.


الشرح
تعليم الناس أمور دينهم ودعوتهم إلى الخير هو عمل الأنبياء الذين أرسلهم الله لأجله، فهي أعظم وظيفة. واختار الله لها أفضل خلقه، فمن وفقه الله للسير على طريقهم في تعليم الناس دينهم وإرشادهم إلى الخير فقد نال خيرا كثيرا لما يحصل بسبب نشر العلم والأمر بالمعروف والنهي عن المنكر من الخير في الأرض، ولما فيه من إقامة حجة الله على الناس.

Dalil-dalil di atas menunjukkan kepada kita :
Bahwa mengajarkan kepada manusia mengenai ilmu-ilmu agama dan menyeru mereka kepada kebaikan merupakan amalan para nabi yang Allah mengutus mereka karenanya.

Amalan ini adalah tugas yang paling agung, dan Allah telah memilih makhluk-Nya yang paling agung untuk menjalankan tugas ini.

Barangsiapa yang Allah beri taufik untuk bisa menempuh jala mereka dalam mengajarkan kepada manusia mengenai urusan agama serta menunjuki mereka kepada kebaikan, maka ia telah memperoleh kebaikan yang banyak. Karena dengan sebab tersebarnya ilmu dan amar makruf nahi munkar akan didapatkan kebaikan di muka bumi, dan juga sebagai bentuk penegakkan hujjah Allah terhadap manusia.

الفوائد
- إن تعليم الناس الخير من عمل الأنبياء.
- فضل تعليم الناس أمور دينهم حيث إن من علم علما أو دعا إلى هدى فله مثل أجور العاملين به.
- عظم أجر معلم الناس الخير حيث يثني عليه الله تعالى ويستغفر له أهل السماوات والأرض لما يحصل في الأرض من الخير من نشر العلم.
- فضل الدعوة إلى الله والأمر بالمعروف والنهي عن المنكر.

Kesimpulan yang dapat kita ambil pelajarannya, di antaranya:
1.   Mengajarkan kebaikan terhadap manusia termasuk amalan para nabi.
2.   Keutamaan mengajarkan kepada manusia ilmu-ilmu agama, sebab barangsiapa mengajarkan suatu ilmu atau menyeru kepada petunjuk, maka baginya pahala yang sama dengan orang-orang yang mengamalkan ilmu itu.
Besarnya pahala orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia, sebab Allah akan memberikan pujian kepadanya serta penduduk langit


0 komentar:

Mari berdiskusi...

--------------------------------------------------------------------

Awali dengan bismillah sebelum memberi komentar...

--------------------------------------------------------------------