KAJIAN TAFSIR JUZ `AMMA JAMA`AH MASJID IMAM BUKHARI JATINANGOR

Hari ke-1: Keunggulan Metode Tafsir  Kitab Tafsir Ibnu Katsir
بسم الله الرحمن الرحيم
Al `Allamah Syekh Dr. Taqiyuddin al Hilali, Dosen di Universitas Islam Madinah (UIM)  Saudi Arabia mengatakan:
“Tafsir al Hafizh ibnu Katsir merupakan tafsir yang terbaik diantara tafsir-tafsir yang ada pada zaman ini, karena ia mengandung beberapa keistimewaan yg nyaris tdk dimiliki oleh tafsir lainnya. Di antara keistimewaan yang ada seperti: menafsirkan al qur`an dengan al qur`an, kemudian dengan as sunnah,  kemudian dengan  pendapat salafus sholih, dan kemudian dengan berpegang teguh pada semantik bahasa arab.

Metode ini pulalah yang menjadi pilihan syaikh Muhammad Shalih Ibnu Utsaimin, rahimahullah dalam menyusun Kitab Tafsirnya, mengacu kepada metode yang dipilih oleh al Imam Ibnu Katsir rahimahullah, dari pengikut Imam asy syafii rahimahullah.

Tafsir ini tidak mengandung perdebatan diskusi, golongan dan madzhab. Ibn Katsir memilih kebenaran dan membelanya pada siapa saja kebenaran itu berada. Serta mengajak kepada persatuan dan menjauhkan dari perpecahan…  Namun tidak kita ingkari, dalam tafsir ini masih terdapat hal-hal yang mengeruhkan bagi para penuntut ilmu dan penceramah dalam mengkaji kejernihannya. Di antaranya masih ada hadits-hadits dlo`if, pengulangan hadits shohih, penuturan sanad-sandnya, perbedaan kata-katanya dan kelainan jalannya, juga ada pandangan-pandangan lemah yg  saat itu tidak disadri oleh ibnu katsir ….

Oleh karenanya wajar sebagian ulama’ merasa terpanggil untuk meringkas tafsir ini sehingga dapat dijangkau oleh penuntut ilmu dan pengajar….  Terus terang saya (Taqiyuddin al Hilali) senang sekali dengan hadirnya ringkasan tafsir ibnu katsir yang disusun oleh saudaaku yang alim dan salafi, juga seorang muhaqqiq, al Ustadz syekh Muhammad Nasib ar Rifa`ii ….

Kitab tafsir masa kini, yang ditulis oleh Syaikh Muhammad Nasib ar Rifa`ii,  Ketua Organisasi Dakwah Salafiyah ke Jalan yang Lurus, di Haleb Suriyah, mendapat sambutan dari Lembaga Fatwa dan Pengawasan Urusan Agama Kerajaan Arab Saudi. Juga mendapat sambutan dari cendekiawan Suriah Syekh Muhamamd Bahjah al Baithar, juga dari Syekh Ahmad Ali al-Adluni al Hasani-Mufti Marakisy (Maroko) dan Jabal Athlas, juga sambutan dari Syekh Hasan Khalid, Mufti Republik Lebanon, juga dari Syekh Muhamamd Fahiim Abu `Abiyyah, Ketua delegasi al Azhar asy Syarif di Lebanon, juga sambutan dari syekh Muhamamd Amin al Mishri, Ketua jurusan studi tingkat tinggi, Fakultas Syariah, al Mukarramah, juga oleh cendekiawan Yaman bernama Syekh M. Salim al Baihani,  juga sambutan dari al `allamah Syekh Abdul Aziz bin Baz, Rektor UIM saat itu (sekitar 1989 M, 1410 H), juga sambutan dari syekh Abdul Malik bin Ibrahim, Keluarga Syekh, Ketua Umum Lembaga Amar Ma`ruf di Hejaz ….

Alhamdulillah, kini telah banyak Tafsir Ibnu Katsir dalam berbagai Tahqiq dan Ringkasan, telah diterbitkan oleh sejumlah penerbit buku as sunnah di negeri kita ini, sebut saja: Penerbit Imam Syafii Bogor (dalam 10 jilid), Penerbit Ibnu Katsir Bogor, Penerbit Gema Insani (Taisirul `aliyyil Qadiir, mukhtashar Tafsir Ibn Katsir) dalam 4 jilid…. Dan penerbit lainnya. Begiti upla Tafsir Juz `Amma syaikh Muhamamd shalih ibn Utsaimin, rahimahullah, juga telah diterbitkan dalam bahasa Indonesia  oleh beberapa penerbit di negeri kita ini…..  sungguh merupakan karunia besar bagi kaum muslimin yang rindu akan jalan kebenaran, menuju aqidahpmanhaj dan amal yang selamat..

Dan Dalam kesempatan Ta`lim ini, kami sengaja memilih kitab tafsir ini “TAISIRUL ALIYYIL QADIR LI IKHTISHOR TAFSIR IBN KATSIR”, sebagai Kitab Utama yg dikaji, dan Tafsir JUZ `AMMA syaikh ibnu Utsaimin rahimahullah. … lalu kami dampingi (sebagai maraji` dan panduan) dengan Tafsir induknya Al Misbahul Muniir, karya Syaikh Shafityyurrahman al Mubarakfuri, Tafsir Nubdzatust Tafir karya Dr Sulaiman al Asyqar, Tafsir Al Quranul Kariim karya syaikh Mohammad Shalih Ibnu Utsaimin, dan Taisirul Karimirrahman fii Tafsiri kalamil Mannan karya Syaikh Abdurrahman As Sa`di, juga Tafsir al Munir karya Prof Dr Syaikh Wahbi Suhaili (yang baru saja wafat), Tafsir ath Thayyar (Dr. Musaadah Sulaiman bin Nashir ath Thayyar), Tafsir al Qayyim, dan Tafsir syaikh Abdul Malik al Qasim.. …… yang insya Allah kami melengkapinya sebagai maraji`  tafsir masa kini  yang memiliki manhaj yang sama dalam penulisan tafsir, seperti Tafsir as Sa`di …, tafsir juz `Amma syekh ibn Utsaimin, tafsir al Muyassar, kumpulan ulama Saudi, Tafsir syekh Dr. Umar bin Sulaiman al Asyqar…. Dll….   (AL Faqiir ilallah, Abu Fahmi Ahmad)
اللهم أعني على ذكرك وشكرك وحسن عبادتك - اللهم انفعنا بما علمتنا وعلمنا ما يينفعنا وزدنا علما ، اللهم إنا نسألك الهدى والتقى والعفاف والغنى



0 komentar:

Mari berdiskusi...

--------------------------------------------------------------------

Awali dengan bismillah sebelum memberi komentar...

--------------------------------------------------------------------