MASJID IMAM BUKHARI JATINANGOR
BA`DA SHOLAT SHUBUH-SYURUQ RAMADLAN 1437 H
MINGGU PERTAMA
HARI KE-3, RABU, 3 RAMADLON 1437 H
Oleh ust Abu Fahmi Ahmad

(Kelima) :
Menyembunyikan Sedekah dan diberikannya Kpd Fuqaraโ€™ dapat menghapus dosa-dosa
ู‚ุงู„ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุชุนุงู„ู‰: ๏ดฟุฅูู†ู’ ุชูุจู’ุฏููˆุง ุงู„ุตู‘ูŽุฏูŽู‚ูŽุงุชู ููŽู†ูุนูู…ู‘ูŽุง ู‡ููŠูŽ ูˆูŽุฅูู†ู’ ุชูุฎู’ูููˆู‡ูŽุง ูˆูŽุชูุคู’ุชููˆู‡ูŽุง ุงู„ู’ููู‚ูŽุฑูŽุงุกูŽ ููŽู‡ููˆูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู„ูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽูŠููƒูŽูู‘ูุฑู ุนูŽู†ู’ูƒูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุณูŽูŠู‘ูุฆูŽุงุชููƒูู…ู’ ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจูู…ูŽุง ุชูŽุนู’ู…ูŽู„ููˆู†ูŽ ุฎูŽุจููŠุฑูŒ๏ดพ.
271. jika kamu Menampakkan sedekah(mu)[172], Maka itu adalah baik sekali. dan jika kamu menyembunyikannya[173] dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, Maka Menyembunyikan itu lebih baik bagimu. dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. Al Baqarah 271

[172] Menampakkan sedekah dengan tujuan supaya dicontoh orang lain.
[173] Menyembunyikan sedekah itu lebih baik dari menampakkannya, karena Menampakkan itu dapat menimbulkan riya pada diri si pemberi dan dapat pula menyakitkan hati orang yang diberi.

ยซุฃูŠ: ๏ดฟุฅู†ู’ ุชูุจู’ุฏููˆุง ุงู„ุตู‘ูŽุฏูŽู‚ูŽุงุชู๏ดพ ูุชุธู‡ุฑูˆู‡ุง ูˆุชูƒูˆู† ุนู„ุงู†ูŠุฉ ุญูŠุซ ูƒุงู† ุงู„ู‚ุตุฏ ุจู‡ุง ูˆุฌู‡ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ๏ดฟููŽู†ูุนูู…ู‘ูŽุง ู‡ููŠูŽ๏ดพ ุฃูŠ: ูู†ุนู… ุงู„ุดูŠุก ๏ดฟู‡ููŠูŽ๏ดพ ู„ุญุตูˆู„ ุงู„ู…ู‚ุตูˆุฏ ุจู‡ุง ๏ดฟูˆูŽุฅูู†ู’ ุชูุฎู’ูููˆู‡ูŽุง๏ดพ ุฃูŠ: ุชูุณูุฑูู‘ูˆู‡ุง ๏ดฟูˆูŽุชูุคู’ุชููˆู‡ูŽุง ุงู„ููู‚ูŽุฑูŽุงุกูŽ ููŽู‡ููˆูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู„ูŽูƒูู…ู’๏ดพ ูููŠ ู‡ุฐุง ุฃู† ุตุฏู‚ุฉ ุงู„ุณุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ูู‚ูŠุฑ ุฃูุถู„ ู…ู† ุตุฏู‚ุฉ ุงู„ุนู„ุงู†ูŠุฉุŒ ูˆุฃู…ุง ุฅุฐุง ู„ู… ุชุคุช ุงู„ุตุฏู‚ุงุช ุงู„ูู‚ุฑุงุก ูู…ูู‡ูˆู… ุงู„ุขูŠุฉ ุฃู† ุงู„ุณุฑ ู„ูŠุณ ุฎูŠุฑุงู‹ ู…ู† ุงู„ุนู„ุงู†ูŠุฉุŒ ููŠุฑุฌุน ููŠ ุฐู„ูƒ ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ุตู„ุญุฉุŒ ูุฅู† ูƒุงู† ููŠ ุฅุธู‡ุงุฑู‡ุง ุฅุธู‡ุงุฑ ุดุนุงุฆุฑ ุงู„ุฏูŠู†ุŒ ูˆุญุตูˆู„ ุงู„ุงู‚ุชุฏุงุก ูˆู†ุญูˆู‡ุŒ ูู‡ูˆ ุฃูุถู„ ู…ู† ุงู„ุฅุณุฑุงุฑุŒ
Allah mengabarkan juga bahwa sedekah yang ditampakkan orang yg bersedekah itu adalah baik, dan bila dia menyembunyikannya dan menyerahkannya kepada orang-orang fakir adalah lebih utama, sebab menyembunyikan sedekah (shadaqatus sirr) kpd orang fakir adalah lebih afdlol daripada sedekah yang ditampakkan (`alaniyah). Dan adapun jika tidak diberikan kpd kaum fakir, maka ayat ini dipahaminya bahwa menyembunyikan sedekah itu tidak menjadi sesuatu lebih baik daripada menampakkannya. Tentu ini kembali kepada maslahat yg ingin diperolehnyaโ€ฆ  Maka apabila dalam โ€œmenampakkan sedekah itu sebagai wujud dari menamoakkan syiar agama, dan untuk memperoleh keteladanan (menjadi contoh) dan semisal nya, maka yg demikian itu menjadi afdlol daripada sedekah dg cara menyembunyikannya..

ูˆุฏู„ ู‚ูˆู„ู‡: ๏ดฟูˆูŽุชูุคู’ุชููˆู‡ูŽุง ุงู„ููู‚ูŽุฑูŽุงุกูŽ๏ดพ ุนู„ู‰ ุฃู†ู‡ ูŠู†ุจุบูŠ ู„ู„ู…ุชุตุฏู‚ ุฃู† ูŠุชุญุฑู‘ูŽู‰ ุจุตุฏู‚ุชู‡ ุงู„ู…ุญุชุงุฌูŠู†ุŒ ูˆู„ุง ูŠุนุทูŠ ู…ุญุชุงุฌุงู‹ ูˆุบูŠุฑู‡ ุฃุญูˆุฌ ู…ู†ู‡ุŒ ูˆู„ู…ุง ุฐูƒุฑ ุชุนุงู„ู‰ ุฃู† ุงู„ุตุฏู‚ุฉ ุฎูŠุฑ ู„ู„ู…ุชุตุฏู‚ุŒ ูˆูŠุชุถู…ู‘ู† ุฐู„ูƒ ุญุตูˆู„ ุงู„ุซูˆุงุจุŒ

Dalam firman Nya (dan memberikannya kepada kaum fakur) ini menunjukkan bahwasanya dituntut bagi yang bersedekah untuk mencari benar-benar mereka yang sangat membutuhkannya, tidak memberikan kpd orang butuh padahal ada orang lain yg lebih membutuhkannya. Dan manakala Allah menyebutkan bahwa sedekah itu baik bagi yang bersedekah, yg demikian juga meliputi dalam hal perolehan pahala.

ู‚ุงู„: ๏ดฟูˆูŽูŠููƒูŽูู‘ูุฑู ุนูŽู†ู’ูƒูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุณูŽูŠู‘ูุฆูŽุงุชููƒูู…ู’๏ดพ ูููŠู‡ ุฏูุน ุงู„ุนู‚ุงุจ ๏ดฟูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจูู…ูŽุง ุชูŽุนู’ู…ูŽู„ููˆู†ูŽ ุฎูŽุจููŠุฑูŒ๏ดพ ู…ู† ุฎูŠุฑ ูˆุดุฑุŒ ู‚ู„ูŠู„ ูˆูƒุซูŠุฑ ูˆุงู„ู…ู‚ุตูˆุฏ ู…ู† ุฐู„ูƒ ุงู„ู…ุฌุงุฒุงุฉยป.([1]) ุชูŠุณูŠุฑ ุงู„ูƒุฑูŠู… ุงู„ุฑุญู…ู†ุŒ ุต 118- 119.
Tentang fiorman Nya (dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu) maksudnya mencegah dari hukuman. (Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan) baik dan buruk, sedikit dan banyak, dan maksud nya bahwa pengetahuan Allah itu melampau semuanya. 
- ู‚ุงู„ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุชุนุงู„ู‰: ๏ดฟุฅูู†ู’ ุชูู‚ู’ุฑูุถููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ู‚ูŽุฑู’ุถู‹ุง ุญูŽุณูŽู†ู‹ุง ูŠูุถูŽุงุนููู’ู‡ู ู„ูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽูŠูŽุบู’ููุฑู’ ู„ูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุดูŽูƒููˆุฑูŒ ุญูŽู„ููŠู…ูŒ * ุนูŽุงู„ูู…ู ุงู„ู’ุบูŽูŠู’ุจู ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽู‡ูŽุงุฏูŽุฉู ุงู„ู’ุนูŽุฒููŠุฒู ุงู„ู’ุญูŽูƒููŠู…ู๏ดพ.([1]) ุณูˆุฑุฉ ุงู„ุชุบุงุจู†ุŒ ุงู„ุขูŠุชุงู†: 17- 18.
Firman Allah dalam surat at Taghabun berikut: ayat 17 dan 18
17. jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipat gandakan balasannya kepadamu dan mengampuni kamu. dan Allah Maha pembalas Jasa lagi Maha Penyantun.
18. yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata. yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
๏ดฟุฅูู†ู’ ุชูู‚ู’ุฑูุถููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ู‚ูŽุฑู’ุถู‹ุง ุญูŽุณูŽู†ู‹ุง๏ดพ ูˆู‡ูˆ ูƒู„ ู†ูู‚ุฉ ูƒุงู†ุช ู…ู† ุงู„ุญู„ุงู„ุŒ ุฅุฐุง ู‚ุตุฏ ุจู‡ุง ุงู„ุนุจุฏ ูˆุฌู‡ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุชุนุงู„ู‰ ูˆุทู„ุจ ู…ุฑุถุงุชู‡ุŒ ูˆูˆุถุนู‡ุง ููŠ ู…ูˆุถุนู‡ุง ๏ดฟูŠูุถูŽุงุนููู’ู‡ู ู„ูŽูƒูู…ู’๏ดพ ุงู„ู†ูู‚ุฉ ุจุนุดุฑ ุฃู…ุซุงู„ู‡ุง ุฅู„ู‰ ุณุจุนู…ุงุฆุฉ ุถุนูุŒ ุฅู„ู‰ ุฃุถุนุงู ูƒุซูŠุฑุฉ.
๏ดฟูˆ๏ดพ ู…ุน ุงู„ู…ุถุงุนูุฉ ุฃูŠุถู‹ุง ๏ดฟูŠูŽุบู’ููุฑู’ ู„ูŽูƒูู…ู’๏ดพ ุจุณุจุจ ุงู„ุฅู†ูุงู‚ ูˆุงู„ุตุฏู‚ุฉ ุฐู†ูˆุจูƒู…ุŒ ูุฅู† ุงู„ุฐู†ูˆุจ ูŠูƒูุฑู‡ุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุจุงู„ุตุฏู‚ุงุช ูˆุงู„ุญุณู†ุงุช: ๏ดฟุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ูŽุงุชู ูŠูุฐู’ู‡ูุจู’ู†ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽูŠู‘ูุฆูŽุงุชู๏ดพ .
(jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik) maksudnya setiap nafakah yang halal, jika ditujukan karena Allah semata dan mencari ridlo Nya serta menempatkan nya pada tempatnya (Allah melipat gandakan balasannya kepadamu) setiap 1 nafaqah dipahalai dg 10 lipat sampai 700 kelipatan, bahkan sampai kelipatan yg banyak. Dan bersamaan dg pelipatan ganjaran itu, maka pelakunya (kalian) juga Allah mengampuni dosa dosa kalian dgn sebab ber infak dan bersedekah. Sebab dosa-dosa itu, Allah menghapusnya dengan sedekah hamba dan perbuatan hasanatnya (sesungguhnya amal kebaikan itu dapat menghapus amal buruk), karerena kelipatan pahala pelaku kebaikan tersebut. 
๏ดฟูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุดูŽูƒููˆุฑูŒ ุญูŽู„ููŠู…ูŒ๏ดพ ู„ุง ูŠุนุงุฌู„ ู…ู† ุนุตุงู‡ุŒ ุจู„ ูŠู…ู‡ู„ู‡ ูˆู„ุง ูŠู‡ู…ู„ู‡
(dan Allah Maha pembalas Jasa lagi Maha Penyantun). Dia tidak menyegerakan hukuman bagi yg menentang Nya (bermaksiat kpd Nya), namun member tanggung dan tidak membiarkan begitu saja (ุชูŠุณูŠุฑ ุงู„ูƒุฑูŠู… ุงู„ุฑุญู…ู†ุŒ ุต 1024.)

(Keenam) : Dengan Mahabbatullah dan Ittiba` kpd Nabi shallallahu `alaihi wasallam, dosas-dosa dapat diampuni
Allah berfirman dalam surat Ali Imron ayat: 31

31. Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
ู‚ุงู„ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุชุนุงู„ู‰: ๏ดฟู‚ูู„ู’ ุฅูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชูู…ู’ ุชูุญูุจู‘ููˆู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ููŽุงุชู‘ูŽุจูุนููˆู†ููŠ ูŠูุญู’ุจูุจู’ูƒูู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽูŠูŽุบู’ููุฑู’ ู„ูŽูƒูู…ู’ ุฐูู†ููˆุจูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุบูŽูููˆุฑูŒ ุฑูŽุญููŠู…ูŒ๏ดพ
ยซูˆู‡ุฐู‡ ุงู„ุขูŠุฉ ููŠู‡ุง ูˆุฌูˆุจ ู…ุญุจุฉ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ุŒ ูˆุนู„ุงู…ุงุชู‡ุงุŒ ูˆู†ุชูŠุฌุชู‡ุงุŒ ูˆุซู…ุฑุงุชู‡ุงุŒ ูู‚ุงู„: ๏ดฟู‚ูู„ู’ ุฅูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชูู…ู’ ุชูุญูุจู‘ููˆู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ๏ดพ ุฃูŠ: ุงุฏู‘ุนูŠุชู… ู‡ุฐู‡ ุงู„ู…ุฑุชุจุฉ ุงู„ุนุงู„ูŠุฉุŒ ูˆุงู„ุฑุชุจุฉ ุงู„ุชูŠ ู„ูŠุณ ููˆู‚ู‡ุง ุฑุชุจุฉุŒ ูู„ุง ูŠูƒููŠ ููŠู‡ุง ู…ุฌุฑุฏ ุงู„ุฏุนูˆู‰ุŒ ุจู„ ู„ุง ุจุฏ ู…ู† ุงู„ุตุฏู‚ ููŠู‡ุงุŒ ูˆุนู„ุงู…ุฉ ุงู„ุตุฏู‚ ุงุชู‘ุจุงุน ุฑุณูˆู„ู‡ r ููŠ ุฌู…ูŠุน ุฃุญูˆุงู„ู‡ุŒ ููŠ ุฃู‚ูˆุงู„ู‡ุŒ ูˆุฃูุนุงู„ู‡ุŒ ููŠ ุฃุตูˆู„ ุงู„ุฏูŠู† ูˆูุฑูˆุนู‡ุŒ ููŠ ุงู„ุธุงู‡ุฑุŒ ูˆุงู„ุจุงุทู†ุŒ ูู…ู† ุงุชู‘ุจุน ุงู„ุฑุณูˆู„ ุฏู„ ุนู„ู‰ ุตุฏู‚ ุฏุนูˆุงู‡ ู…ุญุจู‘ุฉ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ุชุนุงู„ู‰ุ› ูˆุฃุญุจู‘ู‡ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ ูˆุบูุฑ ู„ู‡ ุฐู†ุจู‡ุŒ ูˆุฑุญู…ู‡ ูˆุณุฏู‘ุฏู‡ ููŠ ุฌู…ูŠุน ุญุฑูƒุงุชู‡ ูˆุณูƒู†ุงุชู‡ุŒ ูˆู…ู† ู„ู… ูŠุชู‘ุจุน ุงู„ุฑุณูˆู„ r ูู„ูŠุณ ู…ูุญุจู‘ุงู‹ ู„ู„ู‘ูŽู‡ ุชุนุงู„ู‰ุŒ ู„ุฃู† ู…ุญุจู‘ุชู‡ ู„ู„ู‘ูŽู‡ ุชูˆุฌุจ ู„ู‡ ุงุชู‘ุจุงุน ุฑุณูˆู„ู‡ rุŒ ูู…ุง ู„ู… ูŠูˆุฌุฏ ุฐู„ูƒ ุฏู„ู‘ูŽ ุนู„ู‰ ุนุฏู…ู‡ุงุŒ ูˆุฃู†ู‡ ูƒุงุฐุจ ุฅู† ุงุฏู‘ุนุงู‡ุงุŒ ู…ุน ุฃู†ู‡ุง ุนู„ู‰ ุชู‚ุฏูŠุฑ ูˆุฌูˆุฏู‡ุง ุบูŠุฑ ู†ุงูุนุฉ ุจุฏูˆู† ุดุฑุทู‡ุงุŒ ูˆุจู‡ุฐู‡ ุงู„ุขูŠุฉ ูŠูˆุฒู† ุฌู…ูŠุน ุงู„ุฎู„ู‚ุŒ ูุนู„ู‰ ุญุณุจ ุญุธู‡ู… ู…ู† ุงุชู‘ุจุงุน ุงู„ุฑุณูˆู„ r ูŠูƒูˆู† ุฅูŠู…ุงู†ู‡ู… ูˆุญุจู‘ู‡ู… ู„ู„ู‘ูŽู‡ุŒ ูˆู…ุง ู†ู‚ุต ู…ู† ุฐู„ูƒ ู†ู‚ุตยป.([1]) ุชูŠุณูŠุฑ ุงู„ูƒุฑูŠู… ุงู„ุฑุญู…ู†ุŒ ุต 133.
Inilah ayat yg didalamnya mengandung perintah wajib (bagi setiap hamba yg mukmin) untuk mencintai Allah, sekaligus menunjukkan tanda-tandanya, dan hasilnya serta buah-nya, maka firman Allah (Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allahโ€), maksudnya (jika) kalian mengklaim (memiliki) martabat yg tinggi ini, suatu martabat yg tidak ada lagi yg lebih tinggi darinya, tentu tidaklah terbatas pada pengakuan semata, namun harus disertai bukti dan kebenaran/kejujuran di dalamnya.
Adapun tanda kebenarannya/kejujurannya itu adalah dengan โ€œmengikuti Rasulullah shallallahu `alaihi wasallamโ€ dalam selutuh keadaannya, baik dalam perkataannya, perbuatannya, dan dalam perkara yang pokok maupun cabang dari agama ini, lahir dan batin. Maka siapa yang mengikuti Rasulullah dengan menunjukkan bukti pengakuannya itu dengan โ€œmahabbatullah, kecintaan nya kepada Allahโ€. Oleh karena siapa yang mengikuti Rasulullah berarti ia telah menunjukkan bukti pengakuannya dalam hal โ€œmencintai Allahโ€. Allah pun mencintainya dan mengampuni dosanya, merahmatinya dan menuntutnya dalam seluruh gerak geriknya dan dalam diam nya. Dan siapa yang tidak ittiba kpd Rasulullah, maka ia tidak termasuk orang yang mencintai Allah, sebab mencintai Allah itu menunut adanya ittiba` kpd Rasul Nya. Maka siapa saja yg mengaku mecintai Allah tetapi tidak ittiba` kpd RasuNya, berarti dia itu tidak cinta kpd Allah, ia itu dusta dalam mengakuannya, maka dgn tidak memenuhi syaratnya dalam hal ittiba` ini, artinya pengakuan itu menjadi tidak ada manfaatnya. Dengan ayat ini, maka seluruh manusia ditimbang, diukur dan dinilai, sejauh mana cintanya kepada Allah, yaitu tergantung dari ittiba`nya kpd Rasulullah. Jika ternyata berkurang dalam ittiba` nya maka berkurang pula tingkat mahabbatullah nya. (Tafsir As Sa`di, hal 133, tentang ayat 31 dari surat Ali Imron)




0 komentar:

Mari berdiskusi...

--------------------------------------------------------------------

Awali dengan bismillah sebelum memberi komentar...

--------------------------------------------------------------------