MASJID IMAM BUKHARI JATINANGOR
BA`DA SHOLAT SHUBUH-SYURUQ RAMADLAN
1437 H
MINGGU PERTAMA
HARI KE-3, RABU, 3 RAMADLON 1437 H
Oleh ust Abu Fahmi Ahmad
(Kelima) :
Menyembunyikan
Sedekah dan diberikannya Kpd Fuqaraโ dapat menghapus dosa-dosa
ุฎุงู
ุณุงู: ุฅุฎูุงุก ุงูุตุฏูุฉ ูุฅุนุทุงุคูุง ุงูููุฑุงุก ุชููุฑ ุจูุง ุงูุณูุฆุงุช:
ูุงู
ุงููููู ุชุนุงูู: ๏ดฟุฅููู ุชูุจูุฏููุง ุงูุตููุฏูููุงุชู ููููุนูู
ููุง ูููู ููุฅููู ุชูุฎููููููุง
ููุชูุคูุชููููุง ุงููููููุฑูุงุกู ูููููู ุฎูููุฑู ููููู
ู ูููููููููุฑู ุนูููููู
ู ู
ููู
ุณููููุฆูุงุชูููู
ู ููุงูููููู ุจูู
ูุง ุชูุนูู
ูููููู ุฎูุจููุฑู๏ดพ.
271. jika kamu Menampakkan sedekah(mu)[172], Maka itu adalah
baik sekali. dan jika kamu menyembunyikannya[173] dan kamu berikan kepada
orang-orang fakir, Maka Menyembunyikan itu lebih baik bagimu. dan Allah akan
menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa
yang kamu kerjakan. Al Baqarah 271
[172] Menampakkan
sedekah dengan tujuan supaya dicontoh orang lain.
[173]
Menyembunyikan sedekah itu lebih baik dari menampakkannya, karena Menampakkan
itu dapat menimbulkan riya pada diri si pemberi dan dapat pula menyakitkan hati
orang yang diberi.
ยซุฃู: ๏ดฟุฅูู ุชูุจูุฏููุง
ุงูุตููุฏูููุงุชู๏ดพ ูุชุธูุฑููุง ูุชููู ุนูุงููุฉ ุญูุซ ูุงู ุงููุตุฏ ุจูุง ูุฌู ุงููููู ๏ดฟููููุนูู
ููุง
ูููู๏ดพ ุฃู: ููุนู
ุงูุดูุก ๏ดฟูููู๏ดพ ูุญุตูู ุงูู
ูุตูุฏ ุจูุง ๏ดฟููุฅููู ุชูุฎููููููุง๏ดพ
ุฃู: ุชูุณูุฑููููุง ๏ดฟููุชูุคูุชููููุง ุงูููููุฑูุงุกู ูููููู ุฎูููุฑู ููููู
ู๏ดพ ููู ูุฐุง
ุฃู ุตุฏูุฉ ุงูุณุฑ ุนูู ุงููููุฑ ุฃูุถู ู
ู ุตุฏูุฉ ุงูุนูุงููุฉุ ูุฃู
ุง ุฅุฐุง ูู
ุชุคุช ุงูุตุฏูุงุช ุงูููุฑุงุก
ูู
ูููู
ุงูุขูุฉ ุฃู ุงูุณุฑ ููุณ ุฎูุฑุงู ู
ู ุงูุนูุงููุฉุ ููุฑุฌุน ูู ุฐูู ุฅูู ุงูู
ุตูุญุฉุ ูุฅู ูุงู
ูู ุฅุธูุงุฑูุง ุฅุธูุงุฑ ุดุนุงุฆุฑ ุงูุฏููุ ูุญุตูู ุงูุงูุชุฏุงุก ููุญููุ ููู ุฃูุถู ู
ู ุงูุฅุณุฑุงุฑุ
Allah mengabarkan
juga bahwa sedekah yang ditampakkan orang yg bersedekah itu adalah baik, dan
bila dia menyembunyikannya dan menyerahkannya kepada orang-orang fakir adalah
lebih utama, sebab menyembunyikan sedekah (shadaqatus sirr) kpd orang
fakir adalah lebih afdlol daripada sedekah yang ditampakkan (`alaniyah).
Dan adapun jika tidak diberikan kpd kaum fakir, maka ayat ini dipahaminya bahwa
menyembunyikan sedekah itu tidak menjadi sesuatu lebih baik daripada
menampakkannya. Tentu ini kembali kepada maslahat yg ingin diperolehnyaโฆ Maka apabila dalam โmenampakkan sedekah itu
sebagai wujud dari menamoakkan syiar agama, dan untuk memperoleh keteladanan
(menjadi contoh) dan semisal nya, maka yg demikian itu menjadi afdlol daripada
sedekah dg cara menyembunyikannya..
ูุฏู
ูููู: ๏ดฟููุชูุคูุชููููุง ุงูููููุฑูุงุกู๏ดพ ุนูู ุฃูู ููุจุบู ููู
ุชุตุฏู ุฃู ูุชุญุฑููู ุจุตุฏูุชู
ุงูู
ุญุชุงุฌููุ ููุง ูุนุทู ู
ุญุชุงุฌุงู ูุบูุฑู ุฃุญูุฌ ู
ููุ ููู
ุง ุฐูุฑ ุชุนุงูู ุฃู ุงูุตุฏูุฉ ุฎูุฑ
ููู
ุชุตุฏูุ ููุชุถู
ูู ุฐูู ุญุตูู ุงูุซูุงุจุ
Dalam firman Nya
(dan memberikannya kepada kaum fakur) ini menunjukkan bahwasanya dituntut bagi
yang bersedekah untuk mencari benar-benar mereka yang sangat membutuhkannya,
tidak memberikan kpd orang butuh padahal ada orang lain yg lebih
membutuhkannya. Dan manakala Allah menyebutkan bahwa sedekah itu baik bagi yang
bersedekah, yg demikian juga meliputi dalam hal perolehan pahala.
ูุงู:
๏ดฟูููููููููุฑู ุนูููููู
ู
ู
ููู ุณููููุฆูุงุชูููู
ู๏ดพ
ูููู ุฏูุน ุงูุนูุงุจ ๏ดฟููุงูููููู ุจูู
ูุง ุชูุนูู
ูููููู ุฎูุจููุฑู๏ดพ
ู
ู ุฎูุฑ ูุดุฑุ ูููู ููุซูุฑ ูุงูู
ูุตูุฏ ู
ู ุฐูู ุงูู
ุฌุงุฒุงุฉยป.([1]) ุชูุณูุฑ ุงููุฑูู
ุงูุฑุญู
ูุ ุต 118- 119.
Tentang fiorman Nya (dan
Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu)
maksudnya mencegah dari hukuman. (Dan Allah mengetahui apa yang kamu
kerjakan)
baik
dan buruk, sedikit dan banyak, dan maksud nya bahwa pengetahuan Allah itu
melampau semuanya.
- ูุงู ุงููููู ุชุนุงูู: ๏ดฟุฅููู
ุชูููุฑูุถููุง ุงูููููู ููุฑูุถูุง ุญูุณูููุง
ููุถูุงุนููููู ููููู
ู ููููุบูููุฑู ููููู
ู ููุงูููููู ุดููููุฑู ุญููููู
ู *
ุนูุงููู
ู ุงููุบูููุจู ููุงูุดููููุงุฏูุฉู ุงููุนูุฒููุฒู ุงููุญููููู
ู๏ดพ.([1]) ุณูุฑุฉ ุงูุชุบุงุจูุ ุงูุขูุชุงู: 17- 18.
Firman Allah dalam
surat at Taghabun berikut: ayat 17 dan 18
17. jika kamu
meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipat gandakan
balasannya kepadamu dan mengampuni kamu. dan Allah Maha pembalas Jasa lagi Maha
Penyantun.
18. yang mengetahui
yang ghaib dan yang nyata. yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
๏ดฟุฅููู
ุชูููุฑูุถููุง ุงูููููู ููุฑูุถูุง ุญูุณูููุง๏ดพ ููู ูู ูููุฉ ูุงูุช ู
ู ุงูุญูุงูุ ุฅุฐุง ูุตุฏ ุจูุง
ุงูุนุจุฏ ูุฌู ุงููููู ุชุนุงูู ูุทูุจ ู
ุฑุถุงุชูุ ููุถุนูุง ูู ู
ูุถุนูุง ๏ดฟููุถูุงุนููููู ููููู
ู๏ดพ
ุงููููุฉ ุจุนุดุฑ ุฃู
ุซุงููุง ุฅูู ุณุจุนู
ุงุฆุฉ ุถุนูุ ุฅูู ุฃุถุนุงู ูุซูุฑุฉ.
๏ดฟู๏ดพ
ู
ุน ุงูู
ุถุงุนูุฉ ุฃูุถูุง ๏ดฟููุบูููุฑู ููููู
ู๏ดพ ุจุณุจุจ ุงูุฅููุงู ูุงูุตุฏูุฉ ุฐููุจูู
ุ ูุฅู
ุงูุฐููุจ ูููุฑูุง ุงููููู ุจุงูุตุฏูุงุช ูุงูุญุณูุงุช: ๏ดฟุฅูููู ุงููุญูุณูููุงุชู ููุฐูููุจููู
ุงูุณูููููุฆูุงุชู๏ดพ .
(jika
kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik)
maksudnya setiap nafakah yang halal, jika ditujukan karena Allah semata dan
mencari ridlo Nya serta menempatkan nya pada tempatnya (Allah melipat
gandakan balasannya kepadamu) setiap 1 nafaqah dipahalai dg 10 lipat sampai
700 kelipatan, bahkan sampai kelipatan yg banyak. Dan bersamaan dg pelipatan
ganjaran itu, maka pelakunya (kalian) juga Allah mengampuni dosa dosa kalian
dgn sebab ber infak dan bersedekah. Sebab dosa-dosa itu, Allah menghapusnya
dengan sedekah hamba dan perbuatan hasanatnya (sesungguhnya amal kebaikan
itu dapat menghapus amal buruk), karerena kelipatan pahala pelaku kebaikan
tersebut.
๏ดฟููุงูููููู
ุดููููุฑู ุญููููู
ู๏ดพ ูุง ูุนุงุฌู ู
ู ุนุตุงูุ ุจู ูู
ููู ููุง ููู
ูู
(dan Allah Maha
pembalas Jasa lagi Maha Penyantun). Dia tidak menyegerakan hukuman bagi yg
menentang Nya (bermaksiat kpd Nya), namun member tanggung dan tidak membiarkan
begitu saja (ุชูุณูุฑ ุงููุฑูู
ุงูุฑุญู
ูุ ุต 1024.)
(Keenam) : Dengan Mahabbatullah dan
Ittiba` kpd Nabi shallallahu `alaihi wasallam, dosas-dosa dapat diampuni
Allah berfirman
dalam surat Ali Imron ayat: 31
31. Katakanlah:
"Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah
mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha
Penyayang.
ูุงู ุงููููู ุชุนุงูู: ๏ดฟูููู ุฅููู ููููุชูู
ู
ุชูุญูุจููููู ุงูููููู ููุงุชููุจูุนููููู ููุญูุจูุจูููู
ู ุงูููููู ููููุบูููุฑู ููููู
ู
ุฐููููุจูููู
ู ููุงูููููู ุบููููุฑู ุฑูุญููู
ู๏ดพ
ยซููุฐู
ุงูุขูุฉ ูููุง ูุฌูุจ ู
ุญุจุฉ ุงูููููุ ูุนูุงู
ุงุชูุงุ ููุชูุฌุชูุงุ ูุซู
ุฑุงุชูุงุ ููุงู: ๏ดฟูููู ุฅููู
ููููุชูู
ู ุชูุญูุจููููู ุงูููููู๏ดพ ุฃู: ุงุฏูุนูุชู
ูุฐู ุงูู
ุฑุชุจุฉ ุงูุนุงููุฉุ ูุงูุฑุชุจุฉ ุงูุชู
ููุณ ููููุง ุฑุชุจุฉุ ููุง ูููู ูููุง ู
ุฌุฑุฏ ุงูุฏุนููุ ุจู ูุง ุจุฏ ู
ู ุงูุตุฏู ูููุงุ ูุนูุงู
ุฉ ุงูุตุฏู
ุงุชูุจุงุน ุฑุณููู r ูู ุฌู
ูุน ุฃุญูุงููุ
ูู ุฃููุงููุ ูุฃูุนุงููุ ูู ุฃุตูู ุงูุฏูู ููุฑูุนูุ ูู ุงูุธุงูุฑุ ูุงูุจุงุทูุ ูู
ู ุงุชูุจุน ุงูุฑุณูู
ุฏู ุนูู ุตุฏู ุฏุนูุงู ู
ุญุจูุฉ ุงููููู ุชุนุงููุ ูุฃุญุจูู ุงููููู ูุบูุฑ ูู ุฐูุจูุ ูุฑุญู
ู ูุณุฏูุฏู
ูู ุฌู
ูุน ุญุฑูุงุชู ูุณููุงุชูุ ูู
ู ูู
ูุชูุจุน ุงูุฑุณูู r ูููุณ ู
ูุญุจูุงู ููููู ุชุนุงููุ ูุฃู ู
ุญุจูุชู ููููู ุชูุฌุจ ูู ุงุชูุจุงุน ุฑุณููู
rุ ูู
ุง ูู
ููุฌุฏ
ุฐูู ุฏููู ุนูู ุนุฏู
ูุงุ ูุฃูู ูุงุฐุจ ุฅู ุงุฏูุนุงูุงุ ู
ุน ุฃููุง ุนูู ุชูุฏูุฑ ูุฌูุฏูุง ุบูุฑ ูุงูุนุฉ
ุจุฏูู ุดุฑุทูุงุ ูุจูุฐู ุงูุขูุฉ ููุฒู ุฌู
ูุน ุงูุฎููุ ูุนูู ุญุณุจ ุญุธูู
ู
ู ุงุชูุจุงุน ุงูุฑุณูู r ูููู ุฅูู
ุงููู
ูุญุจููู
ูููููุ ูู
ุง ููุต ู
ู ุฐูู ููุตยป.([1]) ุชูุณูุฑ ุงููุฑูู
ุงูุฑุญู
ูุ ุต 133.
Inilah ayat
yg didalamnya mengandung perintah wajib (bagi setiap hamba yg mukmin) untuk
mencintai Allah, sekaligus menunjukkan tanda-tandanya, dan hasilnya serta
buah-nya, maka firman Allah (Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai
Allahโ), maksudnya (jika) kalian mengklaim
(memiliki) martabat yg tinggi ini, suatu martabat yg tidak ada lagi yg lebih
tinggi darinya, tentu tidaklah terbatas pada pengakuan semata, namun harus
disertai bukti dan kebenaran/kejujuran di dalamnya.
Adapun tanda kebenarannya/kejujurannya itu adalah
dengan โmengikuti Rasulullah shallallahu `alaihi wasallamโ dalam selutuh
keadaannya, baik dalam perkataannya, perbuatannya, dan dalam perkara yang pokok
maupun cabang dari agama ini, lahir dan batin. Maka siapa yang mengikuti
Rasulullah dengan menunjukkan bukti pengakuannya itu dengan โmahabbatullah,
kecintaan nya kepada Allahโ. Oleh karena siapa yang mengikuti Rasulullah
berarti ia telah menunjukkan bukti pengakuannya dalam hal โmencintai Allahโ. Allah
pun mencintainya dan mengampuni dosanya, merahmatinya dan menuntutnya dalam
seluruh gerak geriknya dan dalam diam nya. Dan siapa yang tidak ittiba kpd
Rasulullah, maka ia tidak termasuk orang yang mencintai Allah, sebab mencintai
Allah itu menunut adanya ittiba` kpd Rasul Nya. Maka siapa saja yg mengaku
mecintai Allah tetapi tidak ittiba` kpd RasuNya, berarti dia itu tidak cinta
kpd Allah, ia itu dusta dalam mengakuannya, maka dgn tidak memenuhi syaratnya
dalam hal ittiba` ini, artinya pengakuan itu menjadi tidak ada manfaatnya.
Dengan ayat ini, maka seluruh manusia ditimbang, diukur dan dinilai, sejauh
mana cintanya kepada Allah, yaitu tergantung dari ittiba`nya kpd Rasulullah.
Jika ternyata berkurang dalam ittiba` nya maka berkurang pula tingkat
mahabbatullah nya. (Tafsir As Sa`di, hal 133, tentang ayat 31 dari surat Ali
Imron)
0 komentar:
Mari berdiskusi...
--------------------------------------------------------------------
Awali dengan bismillah sebelum memberi komentar...
--------------------------------------------------------------------