MASJID IMAM BUKHARI JATINANGOR
BA`DA SHOLAT SHUBUH-SYURUQ RAMADLAN 1437 H
MINGGU PERTAMA
HARI KE-2, SELASA, 2 RAMADLON 1437 H
Oleh ust Abu Fahmi Ahmad

MINGGU PERTAMA RAMADLAN 1437 H
HARI KE-2 :

(Kedua) Sabar Yang disertai Dengan Amal-Amal Sholih, dapat menghapuskan dosa-dosa dan melipat gandakan pahala:
Firman Allah dalam surat Huud:
 قال اللَّه تعالى: ﴿إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَئِكَ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ﴾.
Kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana), dan mengerjakan amal-amal saleh; mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar. QS Huud: 11.

«الذين صبَّروا أنفسهم عند الضراء فلم ييأسوا، وعند السراء فلم يبطروا، وعملوا الصالحات من واجبات ومستحبات ﴿أُولَئِكَ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ﴾ لذنوبهم، يزول بها عنهم كل محذور. ﴿وَأَجْرٌ كَبِيرٌ﴾ وهو: الفوز بجنات النعيم، التي فيها ما تشتهيه الأنفس، وتلذ الأعين».
Maksudnya: orang-orang menahan diri mereka (sabar atas diri sendiri) pada saat tertimpa madarat, maka mereka itu tidak berputus asa, dan pada saat kelapangan mereka pun tidak menyalahi, dan tetap mengerjakan amal-amal sholih, baik berupa kewajiban maupun mustahab, (mereka itu beroleh ampunan) atas dosa-dosa mereka, hilang lah semua yang dikhawatirkan dari mereka. (dan pahala besar) adalah: kemenangan berupa Surga penuh kenikmatan, yang di dalamnya terdapat segala apa yang diinginkan oleh nafsunya dan pemandangan indah yang dirasakan oleh mata-mata mereka   
تيسير الكريم الرحمن، ص 434-435.

(Ketiga) : Iman dan Taqwa Menghapuskan Dosa-Dosa Hamba
Allah berfirman dalam surat al Maidah berikut:
قال اللَّه تعالى: ﴿وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْكِتَابِ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَكَفَّرْنَا عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ وَلَأَدْخَلْنَاهُمْ جَنَّاتِ النَّعِيمِ﴾.
Dan Sekiranya ahli kitab beriman dan bertakwa, tentulah Kami tutup (hapus) kesalahan-kesalahan mereka dan tentulah Kami masukkan mereka kedalam surga-surga yang penuh kenikmatan.

«وهذا من كرم اللَّه وجوده، حيث لما ذكر قبائح أهل الكتاب ومعايبهم، وأقوالهم الباطلة، دعاهم إلى التوبة، وأنهم لو آمنوا باللَّه وملائكته، وجميع كتبه، وجميع رسله، واتقوا المعاصي، لكفَّر عنهم سيئاتهم، ولو كانت ما كانت، ولأدخلهم جنات النعيم، التي فيها ما تشتهيه الأنفس وتلذ الأعين».
Dan ini semua berasal dari kemuliaan Allah dan kedermawanan Nya, tatkala Dia menyebut keburukan keburukan Ahli Kitab dan cacat serta aib mereka, juga perkataan-perkataan mereka yang batil, Dia pun menyeru mereka untuk bertaubat. Dan mereka itu, andaikan mau beriman kepada Allah, Malaikat Nya, seluruh Kitab-Kitab Nya, seluruh Rasul-raul Nya..dan menjauhi kemaksiatan, pastilah Dia akan menghapus bersih kesalahan dan dosa mereka, sebesar apapun dosa tersebut, dan (lalu) Dia (Allah) akan masukkan mereka ke Surga Nya yang penuh kenikmatan, yang di dalamnya terdapat segala apa yang diinginkan oleh nafsu dan syahwat mereka dan pemandangan indah yang dilihat oleh mata …..
( انظر: تيسير الكريم الرحمن، ص 263)

(Keempat) :
Taqwa Yg sempurna Menghapus Kejelekan dan Sebab diampuninya semua dosa
قال اللَّه U: ﴿يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ﴾.([1]) سورة الأنفال، الآية: 29.
29. Hai orang-orang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan[607]. dan Kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. dan Allah mempunyai karunia yang besar.

[607] Artinya: petunjuk yang dapat membedakan antara yang haq dan yang batil, dapat juga diartikan disini sebagai pertolongan.

«امتثال العبد لتقوى ربه عنوان السعادة، وعلامة الفلاح، وقد رتَّب اللّه على التقوى من خير الدنيا والآخرة شيئاً كثيراً،فذكر هنا أن من اتقى اللّه حصل له أربعة أشياء، كل واحد منها خير من الدنيا وما فيها:
الأول: الفرقان، وهو العلم والهدى الذي يُفرِّق به صاحبه بين الهدى والضلال، والحق والباطل، والحلال والحرام، وأهل السعادة من أهل الشقاوة.
الثاني والثالث: تكفير السيئات، ومغفرة الذنوب، وكل واحد منهما داخل في الآخر عند الإطلاق وعند الاجتماع، يفسر تكفير السيئات بالذنوب الصغائر، ومغفرة الذنوب بتكفير الكبائر.
الرابع: الأجر العظيم، والثواب الجزيل لمن اتقاه، وآثر رضاه على هوى نفسه ﴿وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ﴾.

Manakala seorang hamba itu mampu mempraktikkan Taqwa kpd Rabbnya, maka itu pertanda “as Sa`adah” (kebahagiaan) ada padanya., dan juga pertanda “al falah” (keberuntungan, kesuksesan). Allah telah melebihkan (tingkatan) Taqwa dari kebaikan dunia dan akhirat dgn kebaikan yang banyak. Disini disebutkan bahwa siapa yang bertaqwa kpd Allah dia akan memperoleh empat hal, yang manan setiap kebaikan itu lebih baik dari dunia dan seisinya:
(1). Al Furqan, almu dan petunjuk, diberi kemampuan untuk membedakan, antara petunjuk dan kesesatan, hak dan batil, halal dan haram, dan antara ahlus sa`adah dan ahlus syaqawah (yang bahagia dan yang sengsara/celaka)
(2). Dan (3). Penghapusan terhadap kejelekan-kejelekan dan pengampunan dosa-dosa. Dan masing2 dari keduanya itu masuk ke dalam yang lain, secara ithlak maupun ijmak, dimana takfir sayyi`at itu ditafsirkan dengan dosa-dosa kecil, dan pengampunan dosa itu penghapusan terhadap dosa-dosa besar.
(4). Pahala yang besarm dan ganjaran agung bagi orang yg bertaqww, dan yang lebih mengutamakan ridlo Nya ketimbang hawa nafsunya sendiri (dan Allah mempunyai karunia yang besar)… تيسير الكريم الرحمن، ص 362
Firman Allah dalam surat ath Thalaq:

وقال اللَّه سبحانه: ﴿وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّئَاتِهِ وَيُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا﴾.
أي: يندفع عنه المحذور، ويحصل له المطلوب ، ويجزل له الثواب على العمل اليسير.

Dan Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya. Ath Thalaq:5
Maksudnya terhindar dari marabahaya dan mendapatkan apa-apa yang diinginkan, demikian menurut syaikh As Sa`di rahimahullah (  انظر: تيسير الكريم الرحمن، ص 1027) , dan menurut Ibnu Katsir: Allah menghindarkan dari nya hal-hal yang membahayakan dan memberikan pahala besar atas amal perbuatan yang ringan
 ([1] انظر: تفسير القرآن العظيم، لابن كثير، ص 1355)


0 komentar:

Mari berdiskusi...

--------------------------------------------------------------------

Awali dengan bismillah sebelum memberi komentar...

--------------------------------------------------------------------