PENGARUH KESHOLIHAN ORANGTUA BAGI
ANAK-ANAKNYA
Oleh Abu Fahmi Ahmad
صلاح الوالدين وأثره على الأبناء :
والذيى آمنوا واتبعتهم
ذرتهم بإيمان ألحقنا بهم ذريتهم وما ألتنهم من عملهم من شيء كل امرئ بما كسب رهين
”Dan orang-oranng yang beriman, dan
yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu
mereka dengan mereka[1], dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka.
Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.” (QS. At-Thur : 21)
[1]. Maksudnya: anak cucu mereka yang beriman itu ditinggikan Allah
derajatnya sebagai derajat bapak- bapak mereka, dan dikumpulkan dengan
bapak-bapak mereka dalam surga.
Bahkan malaikat pun turut mendoakan
seluruh keluarga yang shalih
ربنا أدخلهم جنت عدن التي
وعدتهم ومن صلح من آبائهم وأزواجهم وذريتهم إنك أنت العزيز الحكيم
”Ya Tuhan
kami, dan masukkanlah mereka ke dalam syurga ‘Adn yang telah Engkau janjikan
kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan
isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang
Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Q.S. Al-Mukmin :8)
صلاح الوالدين قدوة حسنة للطفل الناشىء ، أثر كبير على نفس الطفل ، فبالإضافة إلى تقواهم لله ، واتباعهم لمنهجه ، مع شيء من الجهد والتعاون بينهما ، ينشأ الطفل على الطاعة والانقياد لله (ذرية بعضها من بعض ... آل عمران : 34)
(ربنا وأدخلهم جنات عدن التي وعدتهم ومن صلح من آبائهم وأزواجهم وذرياتهم ، إنك أنت العزيز الحكيم ) غافر: 8. (والذين آمنوا واتبعتهم ذريتهم ألحقنا بهم ذريتهم وما ألتناهم من عملهم من شيء وكا أمر بما كسب رهين ) الطور : 21)
KESHALIHAN ORANGTUA MERUPAKAN
TELADAN YG BAIK BAGI ANAK, BERPENGARUH BESAR PADA KEJIWAANNYA. JIKA ORANGTUA
PENUH DISIPLIN YG KUAT DALAM KETAKWAANNYA KEPADA ALLAH DAN MENGIKUTI JALAN-NYA,
DAN TERUS ADANYA KERJASAMA DIANTARA KEDUANYA DALAM MENUNAIAKAN HAL TERSEBUT,
MAKA ANAK AKAN TUMBUH PULA DALAM KETAATAN DAN KEPATUHAN KEPADA ALLAH SWT,
KARENA MENCONTOH KEDUA ORANGTUANYA. (SEBAGIAN KETURUNAN MENYERUPAI TURUNANNYA….
ALI IMRAN: 34).
MAKA JELASLAH BAHWA KESHALIHAHAN
ORANGTUA BISA MEMBERIKAN KEUNTUNGAN BAGI ANAK TURUNANNYA.
ADA KISAH MENARIK DARI KHIDIR
`ALAIHISSALAM, YANG DENGAN SUKA RELA IA MEMBANGUN SEBUAH TEMBOK DAN BENTENG
BESAR, LALU NABI MUSA `ALAIHISSALAM MENANYAKAN KEPADA NYA TENTANG ALASAN MENGAPA IA TIDAK MENGAMBIL UPAH UNTUK
PEKERJAAN BERAT ITU ? KHIDIR MENJAWAB, “KARENA KEDUA ORANGTUANYA SHALIH” (LIHAT
QS AL KAHFI: 82), BAHKAN MALAIKAT PUN MENDO`AKAN ANAK-ANAK MEREKA: (GHAFIR: 8),
“YA RABB KAMI, MASUKKANLAH MEREKA KE DALAM SURGA AND YG TELAH ENGKAU JANJIKAN
KEPADA MEREKA DAN ORANG-ORANG YG SHALIH DI ANTARA BAPAK-BAPAK MEREKA, DAN
ISTERI-ISTERI MEREKA SERTA KETURUNAN MEREKA SEMUA. SESUNGGUHNYA ENGKAU MAHA
PERKASA LAGI MAHA BIJAKSANA”
Lanjutan Tauhsiyah pagi ini:
PESAN NABI SAW KEPADA PARA ORANGTUA
DI SEMUA ZAMAN DAN TEMPAT :
IMAM AHMAD MERIWAYATKAN DGN SANAD SHAHIH, JUGA IBNU MAJAH, ABU YA`LA, BAGHAWI,
IBNU MANDUH DLL, BAHWA AL KHASYKHASYAS AL ANBARI BERKATA, “AKU DATANG MENGHADAP
NABI SAW DENGAN MEMBAWA ANAK LELAKIKU. BELIAU BERTANYA, “APAKAH INI ANAKMU ?
SAYA MENJAWAB, YA. LALU BELIAU BERSABDA, `JANGAN SAMPAI ENGKAU MENYAKITINYA ,
DAN JANGAN PULA IA MENYAKITIMU`.
IBNU UMAR RA BERKATA BAHWA
RASULULLAH SAW BERSABDA, “BARANGSIAPA MENGABAIKAN ANAKNYA DAN MENCELANYA DI
DUNIA INI, MAKA ALLAH YG MAHA SUCI DAN MAHA TINGGI AKAN MEMBONGKAR CACATNYA
PADA HARI KIAMAT DI HADAPAN PARA SAKSI SEBAGAI BALASAN YG SERUPA” HR IMAM AHMAD
DAN THABRANI.
MU`ADZ BIN ANAS RA MERIWAYATKAN, BAHWA
NABI SAW BERSABDA, “SESUNGGUHNYA ALLAH MEMPUNYAI PARA HAMBA YG TIDAK AKAN
DIAJAK BICARA PADA HARI KIAMAT, TIDAK AKAN DISUCIKAN DAN TIDAK AKAN DILIHAT
OLEH-NYA”, SEORANG SHAHABAT BERTANYA, “SIAPA MEREKA ITU ? BELIAU MENJAWAB,
“ORANG YG LEPAS TANGAN DARI KEDUA ORANGTUANYA, MEMBENCI KEDUANYA, DAN ORANG YG
BERLEPAS TANGAN DARI ANAKNYA”
Perhatikan sekali lagi ayat 21 dari
surat ath Thuur ini:
21.
dan orang-oranng yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam
keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka[1426], dan Kami tiada
mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. tiap-tiap manusia terikat dengan
apa yang dikerjakannya. QS Thuur : 21
[1426]
Maksudnya: anak cucu mereka yang beriman itu ditinggikan Allah derajatnya
sebagai derajat bapak- bapak mereka, dan dikumpulkan dengan bapak-bapak mereka
dalam surga.
الحقنا بهم ذريتهم ، قال ابن عباس رضي الله عنه:
الله عز وجل يرفع ذرية المؤمن معه في درجته في الجنة ، وإن كانوا دونه في العمل. وقال : يعني بإيمان ،
فأدخل الله عز وجل الأبناء بصلاح الآباء الجنة.
Ibnu
Abbas Radliyallahu `anhuna, dalam mengoemntari kalimat “Kami akan pertemukan
keuturunan mereka dengan mereka” dalam firman Allah di tas, dia berkata: “Allah
akan mengangkat derajat keturunan ,manusia bersama orang tuanya di surge nanti
walaupun kedudukannya tidak setinggi orangtuanya” berkat keshalihan orangtua.
Salah
seorang salaf berkata kepada anaknya, `Wahai anakku, ayah banyak melakukan amal
shalih itu untuk kebaikanmu (kelak)”.
196.
Sesungguhnya pelindungku Dialah (Allah) yang telah menurunkan Al kitab (Al
Quran) dan Dia melindungi orang-orang yang saleh. QS al A`raf : 196
8.
Ya Tuhan Kami, dan masukkanlah mereka ke dalam syurga 'Adn yang telah Engkau
janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka,
dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah
yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana, QS al Mukmin: 8
Said
bin Musayyab berkata, “Setiap kali saya shalat dan teringat anak saya, saya
bertambah semangat untuk memperbanyak shalat. Sebab ada riwayat yang
menyebutkan bahwa Allah memelihara hingga tujuh keturunan orang shalih, QS al
A`raf: 196.
Bahkan
para Malaikat pun turut mendoakan seluruh keluarga orang yang shalih. QS al
Mukmin: 8.
0 komentar:
Mari berdiskusi...
--------------------------------------------------------------------
Awali dengan bismillah sebelum memberi komentar...
--------------------------------------------------------------------