PANDUAN RINGKAS PENDIDIKAN ISLAM DAN METODE PEMBELAJARAN
ILMU-ILMU DI NIYAH (PAI) DAN BAHASA ARAB, (BAGIAN KESATU)
Oleh Abu Fahmi Ahmad, Lajnah Pendidikan-Ta`lim Imam Bukhari
Yayasan Mafaza Indonesia
مذكرة موجزة في التربية الإسلامية وطرق التدريس العلوم الدينية ةالعربية
(الملخص)

ص: 14-5 : الوحدة الأولى : مفاهيم وتعبيرات ينبغي معرفة معناها.
Hal 5-14 : Lesson Pertama : Pemahaman dan peristilahan yang patut diketahui maknanya.

Pertama: Allah berfirman dalam QS 17 : 24
أولا : التربية  ،(1)  يقول الله تعالى : وقل رب ارحمهما كما ربياني صغيرا ... الإسراء : 24
يأمر الله المسلم أن يدعو ربه أن يرحم والديه ، لأنهما ربياه صغيرا ، أي لأنهما قاما برعاية شؤونه وتنشئته وتوجيهه.
(Dalam ayat ini) Allah memerintahkan (setiap) muslim memanjatkan doa kepada Rabbnya untuk memberikan rahmat kepada kedua orangtuanya, sebab keduanya telah memelihara / mendidiknya sejak kecil, maksudnya bahwa keduanya telah menjalankan ri`ayah (perhatian intens) segala urusannya, pertumbuhannya dan konslingnya 

فالتربية هي : عملية مقصودة يوجه بها فرد أو أفراد ، نحو أفراد آخرين ، ويؤثرون في سلوكهم. إن التربية عملية نشاط ، وليست شيئا ماديا ، وهذا النشاط يتضمن رعاية ، وتوجيها، وتنشئة يساعد في تشكيل سلوك الفرد ، ويساعد جوانب نمو الفرد ، العقلي ، الجسمي ، الاجتماعي ، والنفسي ، والخلقي ...الخ.

Tarbiyah adalah suatu kegiatan yang memiliki tujuan dalam membimbing/mengarahkan seseorang atau orang banyak kepada orang-orang lain, memberikan  pengaruh pada prilaku mereka. Sesungguhnya pendidikan itu merupakan amal kegiatan, dan bukan sebagai materi. Kegiatan ini meliputi ri`ayah (perhatian), taujih (pengarahan), dan tansyi`ah (menumbuh kembangkan), membantu dalam membentuk prilaku individu, juga membantu sisi-sisi perkembangan individu baik akalnya, jasmaninya, sosialnya, kejiawaannya, maupun akhlaknya dst.  .
(تمارين 1): LKS (1) : Menjawab Pertanyaan

(2) يقول الله تعالى : ياأيها الذين آمنوا قوا أنفسكم  و أهليكم نارا وقودهاالناس والحجارة .. التحريم : 6.
تبدأ العملية التربوية في الأسرة ، وعلى الأبوين تقع مسئولية تربية الأبناء ، وتوجيه نمو هم لما فيه حفظهم من غضب الله وعذابه ، ولما يحقق إنسانيتهم ومصلحة مجتمعهم.
وكان المسجد في المجتمع الإسلامي يساعد في العملية التربوية ، ولكن هذه المهمة انتقلت إلى المدارس والمؤسسات التعليمية.
Kedua : Allah berfirman, lihat QS at Tahrim : 6.
(Pada ayat ini) menunjukkan: Bhawa kegiatan tabiyah itu dimulai di tingkat keluarga, dan di atas pundak kedua orangtuanya lah tanggung jawab pendidikan anak-anaknya, dan mengarahkan pertumbuhan mereka dalam rangka menjaga murka Allah dan siksaNya, dan dalam rangka merealisasikan kemanusia mereka dan maslahat masyarakat (komunitas) mereka.

Masjid dalam masyarakat Islam (berfungsi) membantu dalam kegiatan pendidikan Islam ini, namun tugas penting ini (kini) telah beralih kepada (tugas) sekolah-sekolah dan yayasan-yayasan pengajaran.
ويشارك في العملية التربوية بشكل غير مباشر ، الأصحاب ، والأندية ، الصحف ، والمذياع والتلفاز ، وينبغي أن تحرص كل هذه المؤسسات التربوية على تحقيق أهداف تربوية .

Dalam proses kegiatan pendidikan (juga) ada unsure lain yang membantunya, seperti teman-teman, lembaga-lembaga, lembaran-lembaran media, radio dan televise, dan setiap yayasan pendidikan itu haruslah secara gigih untuk merealisasikan tujuan-tujuan pendidikan.

تزداد مسئولية الأسرة المسلمة في تربية أبنائها ، كلما ازداد انحراف بقية المؤسسات التربوية عن تعاليم الإسلام وتحقيق أهدافه التربوية .

Dan akan semakin berat tanggung jawab keluarga dalam mendidik anak-anaknya, manakala keberadaaan yayasan-yayasan itu  semakin menyimpang dari pengajaran Islam dan dalam merealisasikan tujuan-tujuan pendidikannya. (التمارين: 2) : Jawablah soal-soal latihan ke-2 (LKS-2).

(3) التربية عملية تهدف إلى خدمة الفرد والمجتمع ، وهي تختلف من مجتمع إلى مجتمع آخر باختلاف عقيدته ، وأهدافه ، وقيمه ...، لذا وجب أن تكون التربية نابعة من عقيدة المجتمع وحاجاته وأهدافه وقيمه ، فما يصلح للمجتمع الأمريكي لا يصلح للمجتمع الشيوعي ، وما يصلح لأحدهما ، لا يصلح للمجتمع الفليبيني أو الإندونيسي ، أو غيرهما من المجتمعات الإسلامية.

Ketiga : Pendidikan merupakan kegiatan yang tujuannya untuk melayani individu dan masyarakat, sementara setiap masyarakat itu berbeda satu dengan lainnya karena perbedaan aqidah, tujuan, maupun nilai-nilainya… karena itu wajib (apalagi bagi seorang muslim) menjadikan pendidikan itu memancar (bersumber) dari aqidah masyarakat itu sendiri, hajat kebutuhannya, tujuannya dan nilai-nilainya. Maka apa yang maslahat bagi masyarakat Amerika  belum tentu / tidak manfaat bagi masyarakat komunis. Dan apa yang maslahat bagi salah dari keduanya belum 6tentu/tidak maslahat bagi masyarakat Philipina atau Indonesia, atau selain dari keduanya dari masyarakat Islam.  (Dalam bahasa kita: system pendidikan amerika tidak tepat untuk masyarakat komunis, juga untuk philipina atau Indonesia atau yang lainnya dariu masyarakat Islam, sebab utamanya adalah sumber aqidahnya, tujuannya, dan nilai-nilai yang dikembangkan di masing-masing masyarakat itu berbeda-beda, apalagi system kafir dengan system Islam).

إن التربية الإسلامية تنبع من عقيدة الإسلام العالمية ، ومن أهدافه الإنسانية وتعمل على خدمة الفرد ، والمجتمع، والإنسانية ، فهي لذلك تصلح لكل المجتمعات والأمم والشعوب، يقول الله تعالى : وما أرسلناك إلا رحمة للعالمين .. الأنبياء :107.  ، وهو الذي أرسل رسوله بالهدى ودين الحق ليظهره على الدين كله ولو كره المشركون ... التوبة : 33.      (التمارين :  3 ) : ...

Sesungguhnya pendidikan Islam itu memancar (bersumber) dari aqidah Islam universal, di antara tujuannya adalah kemanusiaa dan bekerja melayani individu, masyarakat, dan kemanusiaan. Oleh Karena itu (harus diyakini oleh setiap muslim) bahwa pendidikan Islam pastilah baik dan maslahat bagi seluruh masyarakat, umat dan bangsa. Allah berfirman:  QS 21: 107 : Dan tidaklah Aku utus (Muhammad) kecuali sebagai rahmat sekalian alam)" , juga dalam QS 9 : 33.   Kerjakan Soal Latihan ke-3, LKS-3

ثانيا : الفرق بين التربية والتعليم :
1.   ذكرنا أن التربية تعمل على توجيه نمو الفرد العقلي ، والخلقي ، والجسمي ، والصحي والنفسي ، فهو عملية شاملة لجميع جوانب نمو الإنسان.
والتعليم عند بعضهم – يدل على العملية التي تهتم بالجانب العقلي فقط ، أي جانب المعرفة الذي يتضمن نقل المعلومات والحقائق والمفاهيم . الخ.

KEDUA:                                                                                                                    
Beda antara Pendidikan dan Pemngajaran
1.    Telah kami sebutkan bahwa pendidikan itu bekerja mengarahkan perkembangan individu, baik akalnya, prilakunya, jasmaninya, kesehatan dan kejiwaannnya, maka ia merupakan kegiatan yang menyeluruh meliputi seluruh aspek perkembangan manusia.  Ta`lim menurut pakar pendidikan – menunjukkan kegiatan yang mengurusi aspek akal saja, atau aspek pengetahuan yang mencakup di dalamnya proses transfer pengetahuan dan hakikat serta pemahaman, dst. 

التربية الإسلامية لم تفرق بين اللفظين ، وفي القرآن  نجد لفظ (علم) أكثر استعمالا من لفظ (ربى) وهو يدل على العملية التعليمية التربوية الشاملة لكل جوانب الإنسان. يقول الله تعالى :
هو الذي بعث في الأميين رسولا منهم يتلو عليهم آياته ، ويزكيهم  ويعلمهم الكتاب والحكمة ، وإن كانوا من قبل لفي ضلال مبين .. الجمعة : 2.

Pendidikan Islam tidak membedakan (memisahkan) antara kedua lafazh tersebut, bahkan dalam al Qur'an kita jumpai penggunaan kata (`alima) lebih banyak daripadan kata (rabba), ini menunjukkan bahwa kegiatan pengajaran dan pendidikan itu syamilah (menyeluruih) meliputi seluruh sisi-sisi manusia. QS Al JUm`ah : 2.

والتربية الحديثة اتجهت إلى وجوب اهتمام المعلم بجميع جوانب النمو لدى الإنسان ، وهو الاتجاه الذي دعت إليه التربية الإسلامية و أخذت به.
(التمارين 4: ..)

Pendidikan modern kini telah mengarah kepada keharusan bagi pengajar untuk peduli (memberikan perhatian) pada seluruh aspek perkembangan yang ada pada manusia. Dan ini sebenarnya merupakan orientasi yang diserukan oleh Pendidikan Islam.  Laitihan ke-4 (LKS: 4)

ثالثا : الثقافة
1.       أسهل مفهوم للثقافة أنها : مجموعة المعارف والعقائد والفنون والاخلاق والقيم والعادات والتقاليد.  ولكل أمة أو مجتمع ثقافته التي تختلف – إلى حد ما – عن ثقافة غيره. فثقافة المجتمع الفلبني ، تختلف عن ثقافة المجتمع الأمريكي ، والمجتمع الشيوعي ، وتتلقي إلى حد كبير مع ثقافة  المجتمعات الإسلامية الأخري .

TIGA: TSAQAFAH

Pemahaman yang paling mudah dalam mendefinisikan Tsaqafah adalah: himpunan pengetahuan, keyakinan, seni, akhlak, nilai, adat dan kebiasaan. Dan tentu setiap masyarakat itu memiliki tsaqafah sendiri, yang berbeda satu dengan lainnya, dari tsaqafah lainnya. Maka tsaqafah masyarakat Philipin berbeda dengan tsaqafah masyarakat amerika (walau sama-sama kafir), begitu pula masyarakat komunis, dan bahkan bias sampai pada batas sangat besar perbedaannya dengan tsaqafah Islamiyah

وتحاول كل أن تفرض ثقافتها على غيرها من الأمم لتؤثر في شخصيتها ووجودها ، وهذا ما يحاول الاستعمار أن يفعله في البلاد المسلممة أن تفرض ثقافتها على غيرها من اتلأمم لتؤثر في شخصتأن
 (الإسلامية) ، وهو يسمى (بالغزو الفكري) ولذا يحرم الإسلام التشبه بغير المسلمين ، واعطاء الولاء لغير المؤمنين.

Setiap umat (masyarakat) berusaha keras untuk mengharuskan tsaqafahnya pada masyarakat lain dari umat ini untuk member pengaruh (dampak) pada kepribadiannya dan eksistrensinya. Itu lah yang dilakukan oleh kaum penjajah ketika melakukannya di negeri Islam, dan inilah yang din amakan dengan GHAZWUL FIKRI. Oleh karenanya Islam mengharamkan "Tasyabbuh" (meniru / menyerupai) tsaqafah dengan selain muslim, dan mengharamkan memberikan wala' kepada selian orang-orang mukmin. QS Al Maidah: 57 berikut:

ياأيها الذين آمنوا لا تتخذوا الذين اتخذوا دينكم هزوا ولعبا من الذين أوتوا الكتاب من قبلكم ، والكفار أولياء ، واتقوا الله إن كنتم مؤمنين ... المائدة : 57.
ويقول رسول الله صلى الله عليه وسلم : من تشبه بقوم فهو منهم ... رواه أبو داود سليمان بن الأشعت السجستاني – سنن أبو داود الجزء الرابع الحديث 4031 (سورية – دار الحديث – 393-973) ص 314.
(التمارين : 5 ..)

Dan Nabi Saw bersabda:"Barangsiapa yang tasyabbuh dengan sattu kaum, maka ia termasuk dari mereka". HR Abu Dawud Sulaiman bin al Asy`at as Sijistani, sunan Abu Dawud, jilid 4 hadits no. 4031.  …………………. LKS – 5

3.تحرص كل أمة على ثقافتها ، وتعمل للحفاظ عليها ، لذا تجعل ذلك من وظائف التربية لديها ، فتعنى التربية بتعليم لغة الأمة ، وعقائدها ، ومعارفها ، وتقالدها فعن طريق التربية تحافظ الأمة على ثقافتها ، وبذلك تحافظ على وجودها ، لأن ضياع ثقافة الأمة يعني ضياع نفسها.  ينبغي على التربية في المجتمع المسلم أن تحافظ على الثقافة الإسلامية ، وأن ترفض كل ثقافة تتعارض مع نصوص الكتاب والسنة ، ومع حاجات المجتمع المسلم ومتطلباته وشخصيته وكرامته.  لا تزال بعض المجتمعات الإسلامية تعانى من آثار الغزو الفكري الجاهلي ، ولن تتغلب عليه إلا بالعودة إلى التربية الإسلامية، قال الله تعالى : وأن هذا صراطي مستقيما فاتبعوه ولا تتبعو السبل فتفرق بكم عن سبيله ، ذلكم وصاكم به لعلكم تتقون .. الأنعام : 153.  (التمارين 6 :..)

Setiap umat gigih / semangat terhadap tsaqafahnya, dan bekerja untuk memeliharanya. Oleh karenanya ia jadikan  sebagai bagian dari tugas-tugas pendidikan. Artinya bahwa setiap umat (masyarakat atau bangsa) mengajarkan dengan bahasa umatnya, aqidahnya, pemngetahuan-pengetahuannya, kebiasaan. Maka melalui pendidikan akan terpeliharalah tsaqafahnya, dengan demikian akan terpelihara eksistensinya. Sebab hilangnya satu tsaqafah maka hilang pula jati diri (ummat). Maka menjadi kewajiban bagi pendidikan muslim untuk memelihara tsaqafah Islamiyah pada masyarakat muslim, dan harus menghalangi setiap tsaqafah yang bertentangan dengan nash Kitab dan As sunnah, sesuai dengan  kebutuhan masyarakat muslim dan tuntutan nya, kepribadiannya maupun kemuliaannya.  Sebagian masyarakat islam akan selalu terpengaruh oleh bekas-bekas ghazwul fikri jahili, dan kita tak dapat menaklukannya kecuali apabila kita kembali kepada Pendidiikan Islam, sebab Allah telah berfirma Islam QS al An`am: 153. ….. LKS-6.



0 komentar:

Mari berdiskusi...

--------------------------------------------------------------------

Awali dengan bismillah sebelum memberi komentar...

--------------------------------------------------------------------