KAYA JIWA :

210/276. Dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

ليس الغنى عن كثرة العرض ولكن الغنى غنى النفس

"Bukanlah kekayaan itu karena banyaknya harta, tetapi kekayaan itu adalah kekayaan jiwa."
Shahih, di dalam kitab Takhrijul Misykah (16).(Bukhari, 81- Kitab Ar-Riqaqu, 15- Bab Al Ghina Ghinan-nafsi. Muslim, 12- Kitab Az-Zakat, 40- Laisal Ghina 'an katsratil 'aradhi, hadits 120).

211/277. Dari Anas berkata,
خدمت النبي صلى الله عليه وسلم عشر سنين فما قال لي اف قط وما قال لي لشيء لم افعله ألا كنت فعلته ولا لشيء فعلته لم فعلتهخدمت النبي صلى الله عليه وسلم عشر سنين فما قال لي اف قط وما قال لي لشيء
 لم افعله ألا كنت فعلته ولا لشيء فعلته لم فعلته
Saya melayani Nabi shallallahu 'alaihi wasallam selama sepuluh tahun, lalu beliau tidak pernah berkata, 'Uff (hus),’ kepada saya sama sekali dan tidak berkata kepada saya karena sesuatu yang belum saya kerjakan, 'Mengapa engkau dahulukan melakukanya?' dan tidak pernah berkata kepada saya karena sesuatu yang saya telah melakukannya, 'Mengapa engkau melakukannya?'"
Shahih, di dalam kitab Mukhtasharus Syama’il (296).(Bukhari, 78- Kitab Al Adab, 39- Bab Khusnul-khuluqi, wama yukrahu minal bukhli.  Muslim, 43-  Kitab Al Fadha’il 13-  Bab Kana Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ahsanan-nasi khuluqan, hadits 51).

212/278. Dari Anas ibnu Malik berkata,
كان النبي صلى الله عليه وسلم رحيما وكان لا يأتيه أحد إلا وعده وأنجز له إن كان عنده وأقيمت الصلاة وجاءه أعرابى فأخذ بثوبه فقال إنما بقى من حاجتي يسيرة وأخاف أنساها فقام معه حتى فرغ من حاجته ثم اقبل فصلى
"Nabi shallalahu 'alaihi wasallam adalah seorang yang penyayang, seseorang tidak mendatanginya kecuali dijanjikannya, dan jika beliau mempunyai janji (kepada seseorang), maka beliau menepati janji tersebut. Ketika shalat akan dimulai, seorang Arab Badui mendatanginya, lalu Rasulullah menarik baju Arab Badui tersebut dan berkata,' Sesungguhnya keperluan saya tinggal sedikit dan saya khawatir melupakannya.' Kemudian Rasulullah berdiri (berbincang-bincang) bersama Arab Badui tersebut sehingga keperluannya terpenuhi, lalu menghampiri (jamaah) untuk shalat."
Hasan, di dalam kitab Ash-Shahihah (2094).

213/279. Dari jabir berkata.
ما سئل النبي صلى الله عليه وسلم شيئا فقال لا
"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah diminta pertolongannya tentang sesuatu. Kemudian beliau SAW menjawab, 'Tidak.'
Shahih, di dalam kitab Mukhtsharus-Syama'il (302). (Bukhari, 78- Kitab Al Adah, 39- Bab Husnul Khuluqi Was-Sakha*u Wama Yakrahu Minal-Bukhli. Muslim, 43- Kitab Al Vadhail, 14- Bab Ma suila Rasulullah sliallallahu 'alaihi wasallam SyaVan Qaththu faqala, "Laa." hadits 56).


214/280. Dari Abdullah ibnu Az-Zubair berkata,
ما رأيت امرأتين أجود من عائشة وأسماء وجودهما مختلف أما عائشة فكانت تجمع الشيء إلى الشيء
 حتى إذا كان اجتمع عندها قسمت وأما أسماء فكانت لا تمسك شيئا لغد
"Saya tidak melihat dua orang wanita yang lebih mulia dari pada Aisyah dan Asma’ Kemuliaan keduanya berbeda. Adapun Aisyah, beliau mengumpulkan sesuatu sedikit demi sedikit, sehingga apabila telah terkumpul, maka kemudian dia membagikannya. Adapun Asma', maka dia tidak pernah menyimpan sesuatu untuk hari esok."
Shahih sanadnya.

TAK AKAN BERSATU ANTARA KIKIR DAN IMAN DALAM HATI

215/281. Dari Abu Hurairah berkata,
لا يجتمع غبار في سبيل الله ودخان جهنم في جوف عبد أبدا ولا يجتمع الشح والإيمان في قلب عبد أبدا
"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Debu peperangan di jalan Allah dan asap neraka Jahanam tidak akan dapat bersatu di dalam perut seorang hamba selamanya. Kekikiran dan iman juga tidak dapat bersatu di dalam hati seorang hamba selamanya'."
Shahih, di dalam kitab Takrijul Misykah (3828). (Nasa'i, 25-Kitab Al Jihad, 8- Bab Fadhlu Man 'Amila Fi Sabilillahi 'Ala Qadamihi, Ibnu Majah, 24- Kitab Al Jihad, 9- Bab Al Khuruj Fin-Nafir, hadits 2774).

216/283. Dari Abdullah ibnu Rubai'ah berkata,
كنا جلوسا عند عبد الله- فذكروا رخلا فذكرمن خلقه- فقل عبد الله: أرأيتم لو قطعتم رأسه أكنتم تستطيعون أن تعيدوه قالوا لا قال فيده قالوا لا قال فرجله قالوا لا قال فإنكم لا تستطيعون أن تغيروا خلقه حتى تغيروا خلقه إن النطفة لتستقر في الرحم أربعين ليلة ثم تنحدر دما ثم تكون علقة ثم تكون مضغة ثم يبعث الله ملكا فيكتب رزقه وخلقه وشقيا أو سعيدا
"Kami berkumpul bersama Abdullah -lalu mereka menyebutkan seseorang kemudian menyebutkan akhlaknya- lalu Abdullah berkata, 'Apakah kalian tahu, sekiranya kalian memotong kepalanya, apakah kalian mampu merubah akhlaknya sehingga kalian merubah bentuk tubuhnya? Sesungguhnya air mani berada di dalam rahim selama empat puluh malam, kemudian berubah menjadi darah. Dari segumpal darah berubah menjadi sekerat daging, kemudian Allah mengutus malaikat untuk menulis rezekinya, akhlaknya, kesusahannya, atau bahagianya."'
Hasan, sanadnya mauquf, tetapi redaksi, "Sesungguhnya air sperma..,” dianggap hadits marfu', karena telah berubah menjadi shahih dengan dimarfu'kan di dalam kitab Al Irwa" (2143).


0 komentar:

Mari berdiskusi...

--------------------------------------------------------------------

Awali dengan bismillah sebelum memberi komentar...

--------------------------------------------------------------------