SIKLUS PEMBELAJARAN DAN KERJA PROFESI GURU
(Sebuah Amanat Besar & Mulia)

KERJA PROFESI GURU:
1.      Dimulai dari mempersiapkan berdasarkan pada silabus yang ada,
2.      Berlanjut pada penyusunan RPP, lalu
3.      Pelaksanaan di Kelas, lalu
4.      Penilaian terhadap perkembangan hasil belajar siswa, lalu
5.      Pemberian umpan balik, berlanjut pada  Perbaikan/Penyempurnaan, dan seterusnya berjalan secara siklus


YANG HARUS ADA KETIKA  GURU MENGAJAR:
1.      RPP yang di dalamnya ada rumusan tujuan, materi , metode, media dan evaluasi
2.      Ada siswa yang belajar
3.      Hasil Belajar, dan
4.      Kompetensi Dasar

YANG HARUS ADA DALAM KBM:
1.      Guru yang mengajar,
2.      Siswa yang belajar,
3.      Materi Ajar,
4.      Kompetensi Dasar, dan
5.      Sumber belajar terpilih dan relevan

KBM TERBAIK ADALAH JIKA SISWA DIBERI KESEMPATAN UNTUK “MENGATAKAN DAN BERBUAT” DISAMPING MENDENGAR DAN MELIHAT, DAYA SERAP BISA MENEDEKATI 90 %
JAUH LEBIH BAIK DARI PADA MODUS VISUAL HANYA MENDENGAR DAN MELIHAT, APALAGI DIBANDING MODUS VERBAL

PEMBELAJARAN EFEKTIF (EFEKTIF LEARNING) :
1.      Ada perencanaan,
2.      Ada perumusan tujuan
3.      Ada pemaparan perencanaan pembelajaran kepada peserta didik
4.      Ada proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai strategi
5.      Ada penutupan proses pembelajaran, dan
6.      Ada  Evaluasi

PENETAPAN PENILAIAN :
1.      PENILAIAN ADALAH PROSES PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN INFORMASI UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK,
2.      PENILAIAN HASIL MENDIAGNOSA KESULITAN BELAJAR,
3.      MEMBERIKAN UMPAN BALIK / PERBAIKAN PROSES BELAJAR MENGAAR (PBM)
4.      PENILAIAN HASIL BELAJAR (UTA DAN UAS) OLEH SATUAN PENDIDIKAN … KTSP
5.      PENILAIAN HASIL BELAJAR OLEH PENDIDIK (PRE TES, POSTES, FORMATIF, SUMATIF, ULANGAN BLOK DSJ)

PENILAIAN BELAJAR OLEH PEMERINTAH YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PENILAIAN  :
1.       PENILAIAN MELALUI TES TERTULIS, DALAM BENTUK OBYEKTIF TES DAN ESSAY ATAU LAINNYA
2.      PENILAIAN MELALUI HASIL KERJA (PRODUK) SISWA
3.      PENILAIAN MELALUI PENUGASAN (PROYEK), SEPERTI DEMONSTRASI / PRAKTIKUM
4.      PENILAIAN MELALUI UNJUK KERJA (PERFORMANCE), BAGAIMANA KINERJA DAN SKILL SISWA KETIKA MENGERJAKAN TUGAS (PROYEK)

TUJUAN PENILAIAN HASIL BELAJAR
TUJUAN UMUM:

1.      MENILAI PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA
2.      MEMPERBAIKI PROSES PEMBELAJARAN
3.      BAHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEMAJUAN BELAJAR SISWA

TUJUAN KHUSUS :
1.      MENGETAHUI KEMAJUAN DAN HASIL BELAJAR SISWA
2.      MENDIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR
1.      MEMBERIKAN UMPAN BALIK / PERBAIKAN PBM
2.      MENETUKAN KENAIKAN KELAS
3.      MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN CARA MENGENAL DAN MEMAHAMI DIRI DAN MERANGSANG UNTUK MELAKUKAN USAHA PERBAIKAN

FUNGSI PENILAIAN HASIL BELAJAR :

1.      UMPAN BALIK DALAM PERBAIKAN PBM
2.      MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (MBS)
3.      EVALUASI DIRI TERHADAP KINERJA SISWA (BISA MELALUI PORTOFOLIO)

PRINSIP UTAMA PENILAIAN HASIL BELAJAR :

VALIDITAS ; EDUKATIF ; OBYETIF ; TRANSPARAN ; BERKESINAMBUNGAN ; MENYELURUH ; BERMAKNA ; KETUNTASAN BELAJAR.


1 komentar:

INSICO mengatakan...

Kubal kawan, salam kenal kawan..

Mari berdiskusi...

--------------------------------------------------------------------

Awali dengan bismillah sebelum memberi komentar...

--------------------------------------------------------------------